Menikmati jalan-jalan di taman kota London

Salah satu hal yang sangat saya senangi saat tinggal di London yaitu jalan-jalan ke park atau taman-taman kota. Apalagi di saat summer seperti sekarang ini, saat pohon-pohon di taman masih lengkap dan berwarna hijau daunnya, bunga-bunga juga masih mekar, jalan-jalan di taman sangat menyegarkan mata dan pikiran. Asalkan cuaca sedang tidak hujan dan berangin, jalan-jalan di taman sangat menyenangkan buat saya.

Untungnya tempat tinggal saya di London dekat dengan taman, yaitu King George’s park di daerah Wandsworth, South West London. Taman yang cukup luas ini termasuk lengkap fasilitasnya yaitu taman bermain untuk anak-2, lapangan bola yang luas, lapangan tennis, danau buatan dan tempat terbuka lengkap dengan bangku-2 untuk piknik. Setahu saya semua fasilitas di taman ini gratis kecuali mungkin lapangan tennis-nya.

Bisa dikata untuk saat ini hampir tiap hari saya mengunjungi taman ini (maklum temporary penggangguran haha). Biasanya kalau cuaca sedang hangat dan matahari bersinar cerah, saya lebih suka duduk di bangku atau kadang di rumput sambil mengamati orang-2 yang ada di park sambil mencari inspirasi. Sangat menyenangkan melihat ibu-2 dengan kereta dorong baby-nya berjalan-2 dengan anak mereka, orang-2 bermain dengan anjing peliharaannya atau melihat anak-2 bermain di playground dan juga orang-2 yang sedang jogging di taman. King George’s park termasuk lumayan luas karena itu tidak heran sering saya melihat mulai dari anak-2 sampai orang dewasa mengadakan kegiatan di taman ini, entah itu sekedar bermain bola atau mungkin olah raga bersama.

Di saat winter apabila sedang tidak hujan dan berangin, taman ini tidak seramai saat summer. Tapi tetap saja kita bisa melihat beberapa orang sekedar berjalan-jalan di taman walaupun harus memakai jacket-2 yang tebal.

Dari pengalaman saya yang selama di sini hampir tiap hari menjadi visitor tetap King George’s park, orang-2 di sini termasuk ramah-2 lho. Kapan hari waktu saya sedang duduk-2, ada anak kecil yang tiba-2 mendekat bahkan kita sempat selfie berdua dan akhirnya saya sempat ngobrol sebentar dengan ibunya. Saya anggap setidaknya saya bersosialisasi dengan sesama penggunjung taman dan latihan untuk ngomong kemampuan bahasa inggris saya yang masih sangat limited😀 Malah kapan hari waktu saya sedang jalan, ada seekor anjing lucu, entah kenapa selalu mengikuti saya saat jalan, sambil pingin mengajak bermain. Sang pemilik sampai bilang sorry karena anjingnya bolak balik berlari ke arah saya hahaha. Terus terang saya sebenarnya takut anjing, tapi untungnya anjing-anjing yang ada di taman kebanyakan ada pemiliknya dan sepertinya sudah jinak, jadi kalaupun ada anjing mendekat saya usahakan untuk tenang  bahkan menyapa apalagi kalau anjingnya lucu karena biasanya mereka hanya ingin mengajak bermain.

Selain King George’s park ada satu lagi taman yang juga tidak seberapa jauh dari tempat saya tinggal (sekitar 20 – 30 menit jalan kaki) yang juga senang saya kunjungi, namanya Wandsworth park. Taman ini tidak seberapa luas seperti King George’s park, tapi tetap saja sangat luas buat saya, karena ada lapangan bola dan fasilitas lain seperti lapangan tennis dan juga tempat bermain anak-2. Di Wandsworth Park bahkan kita bisa berjalan-2 di tepi sungai Thames karena taman ini terletak di jalur yang dilalui sungai Thames dan disebut dengan Thames Path. Jadi saat berjalan di Thames Path ini, di satu sisi kita bisa melihat pemandangan sungai Thames dengan kapal-2 yang lewat sedangkan di sisi lagi kita bisa menikmati jajaran pohon-2 di taman.

Berikut beberapa foto dari King George’s park di saat summer dan pohon-2nya masih hijau dan juga Wandsworth park dengan Thames Path-nya.  Hmm… kapan ya kota-2 besar di Indonesia bisa punya taman seperti ini.

Tennis field

Lapangan tennis

Tempat piknik di King George's park

Tempat piknik di King George’s park

DSC01499

Playground di King George’s park

Thames Path - Wandsworth Park

Thames Path – Wandsworth

Thames River saat sedang surut airnya

Thames River saat sedang surut airnya

Jajaran pohon di Wandsworth Park

Jajaran pohon di Wandsworth Park

16 thoughts on “Menikmati jalan-jalan di taman kota London

  1. Halo mb sarida,
    Sy pengen tanya2 ttang visa uk bisa mb sarida email sy?
    Agak bingung dengan syarat formulir visa uk.
    Rencana pengen ksana skitar bulan maret-april

    Thanks

  2. hallo mba sarida makasih banget buat infonya,..
    sekarang saya di london mba tepatnya di hounslow, mba lg di london atau di jakarta sekarang?

  3. halo mba sarida..
    aku pengen banget ke london, kebetulan ada tante disana, rencana chrismast 2015 mau berkunjung kesana. gak sabar mau menikmati indahnya london sama suami dari tulisan mba ini… thanks banget infonya mba..

    • Hello, Agustus di London masih summer, tapi summernya London juga tidak panas-2 sangat bahkan masih termasuk kategori sejuk apalagi kalau hujan. Walau musim panas tetap sedia payung dan jacket tipis terutama melindungi kalau sedang berangin.

  4. hai.. saya nemu blog mbak dari browsing2 tentang London.
    ada mimpi mau jalan2 sendiri ke sana tahun ini. london aman kan ya buat solo traveller? pertengahan Mei kira2 cuacanya gimana mba?

    • Hello Lisa, setahu saya London aman buat solo traveler. Transportasi di London juga OK banget. Kalau untuk Mei sudah masuk spring, jadi kira-2 cuacanya sudah mulai hangat, tapi tetap sedia payung ya karena di London sering turun hujan.

  5. hello sarida sy efan mau nanya kalo ke london ktnya semua serba mahal ya? selama di uk kira2 kemarin habis berapa untuk penginapan, makan, jalan2 nya? terima kasih

Leave a Reply

