Pengalaman mengurus UK Visa (part 2)

OK, saya lanjut tulisan saya sebelumnya tentang pengalaman mengajukan aplikasi UK Visa.

Setelah semua document2 lengkap, selanjutnya saya bisa datang ke VFS untuk mengajukan aplikasi visa sesuai dengan jadwal appointment yang sudah saya dapatkan. VFS UK terletak di Plaza Asia lantai 22 di Jalan Sudirman, persis di depan Gelora Bung Karno dan FX Plaza.

Setelah datang ke VFS dan memberikan form appointment ke petugas security kurang lebih 15 menit kemudian saya dipanggil oleh officer VFS yang mengurus penyerahan alplikasi dan membayar biaya visa sebesar Rp. 1.210.000, -. Besarnya biaya visa tergantung type visa yang kita apply. Selanjutnya saya masih harus menunggu untuk foto dan scan sidik jari. Info dari petugas pemrosesan aplikasi kurang lebih 1 bulan hingga ada keputusan visa kita ditolak atau dikabulkan. Untuk mengetahui status aplikasi visa, kita bisa mengeceknya melalui website VFS atau juga layanan SMS. Petugas akan memberikan resi pembayaran visa dan nanti resi ini akan kita serahkan lagi untuk pengambilan hasil visa kita.

Terus terang karena sudah pernah 2 kali ditolak, masa2 penantian kemarin saya justru lebih santai alias lebih banyak pasrah, maksud saya kalau memang ditolak ya sudah lah, mungkin bukan jodohnya untuk berkunjung ke Inggris.

Kurang lebih 2 minggu kemudian saya menerima telepon dari petugas yang mewakili UK Embassy di Jakarta untuk interview by phone mengenai aplikasi saya. Sempat kaget karena saya tidak menyangka akan ditelpon oleh embassy karena sebelum2nya memang tidak pernah. Setahu saya tidak semua applicant untuk visit visa mendapat interview dari embassy, untuk case saya yang sudah pernah ditolak mungkin pihak embassy merasa perlu untuk melakukan interview.

Awalnya petugas menanyakan kepada saya apakah ingin interview dalam bahasa Inggris atau Indonesia dan apabila saya memilih bahasa Indonesia maka dia akan bertindak sebagai interpreter dan tidak mempunyai wewenang dalam pengambilan keputusan untuk visa saya, karena sebenarnya ada officer UK Embassy yang akan melakukan interview. Karena saya lebih memilih aman-nya daripada memberikan jawaban yang salah dalam bahasa Inggris apalagi ditambah masih shock dan tidak siap akan diinterview saya memilih mengunakan Bahasa Indonesia dengan bantuan petugas interpreter tersebut.

Kurang lebih ada sekitar 10 pertanyaan yang saya harus jawab dan kebanyakan mengenai relationship saya dengan sponsor, alasan apa yang membuat dia mau mensponsori saya. Tips dari saya lebih baik kita jujur bila kekasih kita yang mensponsori untuk berkunjung dan bilang saja ada hubungan asmara (romance relationship) karena bila jawaban kita kurang memuaskan maka officer tersebut akan terus mengejar jawaban kita sampai mendapatkan jawaban yang dirasa cukup memuaskan.

Selain itu petugas juga menanyakan tujuan saya datang ke Inggris dan jujur saya jelaskan kalau saya akan liburan dan mengunjungi pacar yang bekerja dan tinggal di London. Saya juga menegaskan bahwa saya akan kembali setelah masa liburan saya selesai karena benar2 tidak ada keinginan saya untuk melanggar hukum imgirasi dan tinggal ilegal di Inggris.

Setelah interview by phone tersebut kurang lebih 3 hari kemudian saya memperoleh SMS dari VFS kalau aplikasi saya sudah selesai diproses dan bisa diambil. Untuk hasilnya apakah visa kita diterima atau dikabulkan, kita harus datang sendiri ke VFS untuk mengambil amplop berisi hasil aplikasi tersebut. Saya ingat betul saat itu saya menerima SMS sekitar jam 3 sore (VFS tutup jam 4) dan hari Jumat pula, sedangkan perjalanan dari kantor saya ke VFS di Jalan Sudirman plus macetnya bisa2 memakan waktu 2 jam sendiri, jadi mau tidak mau saya harus bersabar sampai hari Senin untuk mengetahui hasilnya. Dan untuk pertama kalinya dalam sejarah (lebay dikit) saat weekend saya sudah berharap untuk cepat2 hari Senin saja karena saking penasarannya hahaha.

Senin pagi akhirnya saya berangkat ke VFS. Setelah menunggu antrian pengambilan visa dan memberikan resi pembayaran kepada petugas, akhirnya petugas memberikan juga amplop yang didalamnya berisi passport saya. Saking penasaran plus deg2an sewaktu membuka amplop saya sampai gemetaran hahaha dan begitu melihat passport saya di dalamnya ada sticker UK Visa, so yaayyyy finally, UK Visa saya dikabulkan juga setelah berkali2 mengalami penolakan.

Saking senangnya saya langsung telpon ke pacar (padahal saat itu dini hari di London) dan memberitahu keluarga saya🙂 Oh ya, UK Visa saya berlaku selama 6 bulan dan untuk multiple visit. Setelah ‘perjuangan’ mendapatkan visa selesai berikutnya saya tinggal bersiap2 untuk berangkat liburan ke Inggris, yayyy London, I am cominggg hahaha.

OK, untuk tulisan saya berikutnya, saya akan share tentang kisah liburan saya di London. Coming soon.

207 thoughts on “Pengalaman mengurus UK Visa (part 2)

  1. Dear mba sarida, i feel so thankful for your post about your experience. Saat ini saya sedang down karena aplikasi visa ke inggris saya ditolak dengan alasan mereka bahwa mereka tidak yakin saya akan meninggalkan uk pada waktu yg dijanjikan (saya bilang visit friend dan dia akan menjadi sponsor saya dan friend disini sebenarnya adalah pacar saya). Mba, can i ask for your personal e-mail? I really need some suggestions. I live and work in Jakarta. Thank you

    • Hello Rin, salam kenal juga. Aplikasi visa saya juga bolak balik ditolak tapi akhirnya diapprove juga. Butuh perjuangan lebih dan banyak sabar memang untuk case-2 seperti kita (punya sponsor WNA). Senang sekali kalau bisa sharing-2 pengalaman kita. OK, aku akan add Facebook kamu dan I will let you know about my personal email.

      • hai Mba Sarida,
        salam kenal
        untung saya menemukan blog mba ini, saya juga punya penhgalaman sama kaya Rin dan Mba Sarida, tapi saya baru mau buat plannya tahun depan baru mau ke sana, boleh minta personal emailnya gak? ada banyak hal private neh yang ingin ditanyakan, trims yah

        salam
        Roma

  2. Dear Mbak Sarida…akhirnya saya baca juga pengalaman part 2 nya. ini yang bikin saya bingung juga…masalah relationship….kalo ga salah di form aplikasinya ditanyakan hubungan kita apa dengan pihak sponsor. apa kita pilih kita punya romance relationship? oh ya sebenarnya saya ingin tahu apa saja yang ditanyakan saat wawancara, terutama mengenai “romance relationship”nya itu…kalo boleh, bisa ga saya minta email mbak Sarida aja? Matur nuwun …

  3. dear mba sarida, saya bersyukur skali menemukan blog ini, setelah baca pengalaman pengurusan uk visa, saya ada pertanyaan setelah visa kita disetujui (visa visit berlaku 6 bulan), apakah kita bisa tinggal disana selama 6 bulan padahal kita apply for visa cuma sebulan, mohon pencerahan thank u

  4. Mba Sarida…. karena kebetulan ada rencana ke England dan kasusnya sama saya boleh minta format personal statement untuk yang menjelaskan hubungan dengan sponsor nggak mbak??

    • Hello, untuk personal statement saya tidak punya format pastinya, karena kemarin saya cuma menjelaskan bagaimana saya kenal dengan sponsor, berapa lama kita sudah menjalin hubungan dan tujuan saya datang ke Inggris. Seperti surat yang menerangkan tentang diri kita dan sponsor saja. Personal statement ini cuma tambahan saja, kalau merasa perlu mungkin kamu bisa buat sendiri.

      • Selamat siang mbak.
        Bak saya rencana mau bekerja di kapal diperusahaan inggris saya minta saran dan petunjuk mbak, saya masih bingung tentg visanya. Apakah perusahaan yang di inggris itu bisa buatin visa kita? Atau kita sendiri yang buat visa karena saya rencana mau di kontrak di perusahaan tersebut selama 2 tahun. Mohon bimbingannya mbak thanks.

      • Kalau visa setahu saya kita apply sendiri hanya saja mungkin mereka yang akan membantu kita utk paperwork yg berkaitan dengan kontrak kerja kita.

  5. Hey…. salam kenal mbak…
    Saya wanita Indonesia yg telah menikah dgn WNA. Saya tertarik dan senang sekali mambaca tulisan2 mbak. Saya yakin pasti mbak tau byk soal hukum2 di Indonesia mengenail perkawinan campuran, yang saya rasa perlu benar saya ketahuai krn pengetahuan saya soal itu sangat minim sekali. Saya sangat senang sekali apabila mbak gak keberatan berbagi info jika saya punya pertanyaan2 soal itu. Kalau ngak keberatan dan mbak punya waktu mungkin kita bisa kontak melalui email ato fb. Thanks ya mbak.

  6. Hallo mba sarida, senang membaca blog mba sarida, penuh semangat ya mba buat bertemu sang kekasih hehe
    Aku baru mau mulai seperti mba sarida nih, sepertinya banyak2 bersabar ya mba klu ngurus visa ke uk,
    Mba sarida boleh minta email personal gak? Aku mau tanya2 nih mba hehe

    Oiya mba sarida salam kenal ya, aku Novi dari jakarta

  7. Hi mbak,,, rasanya aku dah leave comment tapi koq ga da yah… Mungkin lom ke send ya.. 😭
    Oh ya Lam kenal mbak Sarida, namaku Titin.. Seneeeeeng liat blognya mbak.. Aq gi galau neh masalah visa UK, lom urus sih, cm dah takut n gentar duluan neh… Boleh curcol ke japri ke email mbak Sarida ga? Please? Thx

  8. Hello mbak, saya juga niat ke London mau bertemu dengan abang saya. Tapi masih buta mengenai pengurusannya. Oya proses visanya berapa lama ya? Boleh minta email biar kita bisa contact lewat email. Thank you ya🙂

  9. dear Mba Sarida🙂
    aku mau bertanya, soal surat keterangan dari tempat kerja.
    nanti kan ada kalimat ” all the travel expanses will be furnished by herself”
    sementara dalam invitation letter/letter of sponsorhip, sponsorku akan menanggung biaya ku selama di sana.
    apakah dalam surat keterangan dari tempat kerja, tetap ditulis seperti yang di atas atau ” all the travel expanses will be furnished by her sponsor ”
    terima kasih Mba.

  10. Halo Mbak Sarida… Hari ini nampaknya hari keberuntungan saya menemukan blog Mbak Sarida. Saya tertarik masalah aplikasi visa UK dan terutama tentang relationship with foreigner. Boleh saya mendapat email Mbak Sarida untuk obrolan yang lebih privasi. Terima kasih atas pertemanannya…

  11. halo mbak salam kenal🙂
    saya mau tanya, untuk pihak sponsor persyaratan-persyaratan apa harus dikirim langsung via pos ? kan lama tuh mbak:/ apa cukup via email? dan untuk pihak sponsor apakah saldo mengendapnya harus besar? soalnya tabungan yang disana tidak begitu besar karna pengeluarannya juga besar hehe. mohon bantuanya ya mbak. terima kasih x

    • Hello, utk document2 sponsor bisa dikirimkan via email. Utk rekening sponsor saya kurang tahu harus seberapa besar, tapi yg jelas jika dia mau mensponsori seseorang maka dia harus bisa menunjukkan sejumlah uang yg cukup untuk mencover biaya hidup yg disponsori.

  12. selamat siang mbak sarida, kebetulan saya berencana untuk membuat visa ke uk untuk keberangkatan november. saya ingin menanyakan beberapa hal mengenai sponsor, nanti saya email yaa mbak terimakasih

  13. mbak, selamat yah akhirnya visanya diapprove. hehehe
    mau tanya-tanya dong,kalo mau buat visa ke uk itu lebih aman pake sponsor atau ngga sih? kl ga pake sponsor, nominal tabungan yang harus ditunjukin ke embassy berapa ya kira-kira?

    • Sebenarnya memakai sponsor atau tidak terserah kamu. Kalau kamu punya dana lebih dari cukup utk mencover semua biaya perjalanan kamu, mungkin kamu tidak perlu sponsor. Kalau utk nominal tabungan, seperti yang sudah saya bilang di reply-2 sebelumnya, saya tidak tahu karena UKBA juga tidak menuliskan nominal pastinya. Yang penting dana kamu cukup untuk mencover semua biaya perjalanan kamu, misalnya kamu berencana pergi 1 bulan, perkirakan saja dana yang ada cukup untuk mencover perjalanan selama 1 bulan.

  14. Hii…Mba Sarida…
    Kenalin aku Angel..kebetulan saya berencana ngurus Visa UK, boleh minta email addressx Mba saya pengen nax beberapa hal soal sponsor dan wawancara..Thank you Mba……

  15. halo mbak, mau nanya. apakah tiket harus beli tiket pulang pergi ? katanya nanti pihak imigrasi bandara di sana akan menanyakan tiket untuk pulang nantinya. kalau belum punya tiket pulang nanti disangka akan cari kerjaan disana. gimana tuh ya mbak ?

    • Hello Aris, saya lagi liburan di London sekarang. Pengalaman kemarin dan sebelumnya tidak ditanyai oleh imigrasi, cuma memang saya sudah siap utk ticket baliknya. Terserah kamu utk beli atau tidaknya. Menurut aku kalau memang sudah tahu tanggal baliknya mending beli saja.

  16. aku belum tahu pasti berapa lama disana. mungkin sebulan, tapi belum tahu pasti juga. mungkin bisa kurang dari sebulan. jadi aku belum memikirkan tiket baliknya karena aku menyesuaikan. ada yang bilang kalau pihak imigrasi bandara disana bakalan menanyakan tiket return, sedangkan aku sendiri belum tahu pasti tanggal balik ke indo.

  17. Hello mba Sarida,

    Saya juga lagi deg-degan menunggu momen melihat hasil keputusan dari ukba, oiya fyi saya baru aja menikah dgn warga negara Belgia awal November kemarin, tapi karena dia bekerja di London jadi saya berencana menyusul dia disana. Kemarin saya apply EEA Family Permit, dan kamis kemarin saya juga ada di interview oleh officer dari kedutaan Inggris menanyakan perihal pernikahan kami, memang saat saya apply saya statusnya belum menikah. Dan siang ini saya menerima email dr ukba Bangkok kalau mereka sudah memberikan keputusan, dan bisa diambil setelah 4 hari kerja. Tapi akhirnya saya dan suami memutuskan untuk mengirim dokumen melalui layanan pos yg mereka sediakan. Kira2 akan memakan waktu berapa lama ya pengiriman dokumen nya, memang niat awal kami adalah saya sendiri yang mengambilnya langsung ke Jakarta tapi setelah banyak pertimbangan *takut shock kalau ditolak* akhirnya by post saja huhu, maklum perdana mbak, ini perasaan ga keruan ._.

    • Hello Oshi, kamu di kota mana ? Berapa lama post nya sampai tergantung kamu tinggal di kota mana. Pengalaman waktu saya tinggal di Surabaya, 2 hari sudah sampai post-nya. Don’t worry, semoga semua lancar. Good luck untuk visa nya.

      • Hello mba Sarida, alamat orang tua saya sekitar 2 jam dari medan, saya memang juga telah menerima email dari ukba kalau dokumen akan sampai sekitar 2-3 hari (mereka sudah kirim hari jumat kemarin)
        Aamiin, thanks mba😉

  18. Hello Mbak Sarida…
    Saya ingin bwt visa uk
    Ini pengalaman pertama sama..
    Saya boleh mnt email mbak
    Mgkn ad byk pertanyaan2 sktr info visa uk mbak..‎​τнäиκчöü

  19. Hello mbak Sarida, salam kenal..sejujurnya saya Saat ini sedang stress dg pengurusan Visa UK. Krn kasus saya lain bgt. bisa minta email Mbak spy saya bisa mdpt pencerahan ? Terima kasih atas respond nya..

  20. Hi Mba Sarida,
    informatif sekali blog dengan judul pengalaman-mengurus-uk-visa.
    Mau tanya mba, kl itenary tiket penerbangan nya harus dilampirkan juga ketika pengurusan visa tersebut mba?
    kl begitu kita harus punya booking flight dulu yadari travel agent misalnya
    mohon infonya

    • Hello, sorry kalau jawabnya telat. Untuk itinerary bisa minta ke travel agent. Itinerary hanya berupa booking ticket (belum diissued/dibayar) dan biasanya travel agent sudah tahu.

  21. Mba sarida minta alamat email pin bb ato whatsapp?? Aku mau consult sm mba please donk mba..mba waktu ngajuin ngelamiprin bukti booking tiket return ga?? Klo udh nglampirin bukti tiket yg udh dibayar n’return ditolak kan syg bgt..q juga disponsorin nih mba takut ditolak..q cm mau visit UK 2 mingguan aja..trus kita selain hrus ada invite letter n’account dia sm document2 dr dia pasword, slip gaji sm bank account hrus ada account di tabungan kita berapa ya mba..tolong di beri penerangan ya mba..thanks bgt..

    • Hello, utk itinerary ticket kamu bisa minta ke travel agent, biasanya mereka tahu untuk syarat pengurusan visa. Itinerary ticket ini hanya berupa bukti booking ticket (belum diissued/belum dibayar). Kalau syarat2 document seperti yang saya tulis diatas. Untuk besarnya rekening tabungan saya kurang tahu, karena UKBA tidak pernah menulis berapa uang yang harus kita punya.

  22. Salam mbak Sarida, makasih banyak infonya… senang banget aku.bs nemu blog mbak… aku juga pngen.ke.uk visit family di sana tp ngeper duluan ama ribet ngurus.visanya, mbak… , bolehkah nanya via email, mba? Makasih sebelumnya ya mba…

  23. Salam Mbak Farida, terima kasih banyak atas infonya, sangat berguna sekali, krn kasusnya sama persis saya yg punya pacar org London, saya domisili di surabaya, dan ini kali pertama saya mau apply visa, kalau boleh tau waktu appoinment apa kita ga boleh terlambat atau gimana, just incase if my flight delay or maceeetttt, dan apakah kita harus sdh pernah ke luar negeri dulu, krn beberapa agen pengurusan visa mengatakan bahwa minimal harus 2 kali ke luar negeri, untuk booking ticket tadi agen saya mengatakan harus booking sendiri? mohon arahan ya mbak, saya uda putus asa waktu bicara sama agen td pagi (biaya pengurusan mahal, hampir 2 kali lipat dari yg mbak sebutin diatas) padahal saya jg harus ke jakarta juga, khan biaya lagi tuh😦 , btw email saya alencelebes@yahoo.com, makasih banyak atas responnya

    • Hello, utk appointment apply visa, usahakan jangan terlambat. Setidaknya perkirakan waktu perjalanan kamu kalau misalnya memang macet. Untuk apply visa UK, tidak ada syarat harus pernah ke luar negeri sebelumnya. Untuk booking ticket, kamu bisa minta tour agent, hanya untuk bukti booking saja (belum diissued/dibayar) ticketnya.

  24. Hallo mbak Sarida, bulan april ak rencanya mau ke Uk,
    ak desprate bgt nih sm case ak, boleh minta personal emailnya gak jd bisa lebih detail ngomongnya.
    Thank you🙂

      • Hi mb Sarida,

        jadi gini, ak masih proses ngisi form aplikasi kan ada pertanyaan pernah ditolak ngajuin visa ke negara lain gak selain ingris, nah ak pernah ditolak pengajuan visa ke australi karna pihak imigrasi takut ak gak balik ke indo.nah disitu kan ditanya alasan penolakan visa ak harus isi apa, karna kl ak mau jelasin space.nya gak cukup.

        yg kedua itu kan ad pertanyaan pernah dideportasi apa gak, ak punya pengalaman gak boleh masuk ke singapore, gak tau alasanya kenapa, jd waktu di Changi, itu gak boleh masuk spore alih2 malah dipulangin lagi ke bali. itu termasuk deportasi nggak sih? trus kalo itu termasuk deportasi ak nulis alasan deportasinya apa cz ak sendiri juga gak tau kenapa gak boleh masuk.

        ak desperate bgt nih, gak tau mesti gmn ngisinya, kira2 dengan background ku yg kaya gini masih mungkin gak sih dapet visa ke UK?

        mohon masukanya ya mbak.., thanks banget

        Desy

      • Hello Desy, sebaiknya kamu jujur pada waktu mengisi aplikasi. Kalau memang ditolak karena alasan dicurigai tidak balik ke Indo, ya kamu tulis apa adanya. Waktu pertama kali saya apply UK visa juga ditolak untuk alasan yang sama dan saya tulis juga waktu saya mengisi aplikasi untuk apply visa lagi. Yg jelas kamu harus bisa membuktikan kalau kamu bakalan kembali setelah liburan kamu. Waktu saya kemarin saya sertakan surat cuti dari kantor. Saya kira space di aplikasinya masih cukup, asal kamu jelaskan singkat dan tepat.

        Untuk masalah kamu ditolak ada waktu di negara lain, mungkin itu bukan deportasi, tapi saya juga kurang tahu utk masalah itu.Tapi seingat saya di form aplikasi ada pertanyaan apakah anda pernah dilarang untuk masuk ke suatu negara, mungkin kamu bisa isi di situ.

        Saya kurang tahu utk case bisa atau tidak utk mendapatkan visa, karena semuanya tergantung UKBA. Yg jelas, diharapkan mengisi dengan jujur utk form aplikasi dan dilengkapi dengan semua document pendukung.

  25. Salam kenal mba sy indah berencana liburan ke holland bln feb yg secara keseluruhan semua ditanggung pihak sponsor mulai dr keberangkatan indo n balik keindo dgn menyertakan dokumen sponsor yg sdh lengkap sesuai persyaratan yg berlaku. Yang jd masalah sy belum prnh bertemu sm skali dgn pihak sponsor hanya tahu lewat social media by skype, email n bla bla sejak 1 th yg lalu. Teman sy ini blum ada kesempatan utk mengunjungi sy krn kesibukan dia utk bekerja dan study. Menurut mba msh adakah kesempatan sy untuk mendapatkan visa? Mohon saran dan masukannya trims bgt mba atas blog yg sgt membantu GBU!

  26. Mba salah seorang teman saya di aberdeen mau mensponsori saya untuk datang ke sana, saya masih awam semuanya, cuman dia bilang saya harus mempunyai paspor dulu, paspor memang akan jadi 7 hari lagi. Dan apakah sponsor menjamin bahwa kita akan mendapatkan visa? Di tambah dia meyakinkan saya bisa untuk mendapatkan visa karena mau bertanggung jawab menanggung semuanya di sana? Terima kasih mba, blog ini cukup membantu

  27. Hello mbak sarida.,klu boleh saya mw nanya2.soal pengajuan visa.,soal’a ini pengalaman pertama saya,,mohon pencerahan’a..bisa kan mbak minta sran’a lwat email.

    Terimakasih

      • mbk, saya punya temen yg saat ini kerja di UK dan dia pengen menjadi sponsor saya…kira2 kalo mau jadi sponsor minimum penghasilan dia brp, dan apakah harus org inggris baru bs jadi sponsorship saya? soalnya dia org Lithuania tp saat ini bekerja di London..

      • Hello Natalia, untuk jadi sponsor tidak harus orang Inggris, yg penting sponsor kamu punya cukup dana untuk mensponsori kamu. Tidak ada ketentuan mengenai besarnya penghasilan kalau hanya untuk mensponsori visit visa. Btw, apakah kamu sudah pernah bertemu secara langsung dengan sponsor kamu atau hanya kenal lewat online ?

  28. Mba aku mau share aja, aku kemarin sempet apply sekali dan ditolak dengan dua alasan.
    satu kurang bukti bahwa saya dan pacar saya masih terus berkomunikasi setelah dia kembali ke inggris sehabis kita liburan berdua di bali ini agak dibuat-buat sih soalnya bukti untuk akomodasi di rumah pacar, statemen dari pacar, foto-foto kita liburan udah disertain dan ga mungkin kalau kita nggak pernah komunikasi orang nggak ngobrol sebentar aja rasanya kangen. hehehe… tapi ya kita berdua memang bukan yang tipe email-email-an lebih ke video call (facetime) atau text message. dan susah agak buat ngelampirin bukti percakapan kita ke hard copy kalau dari messenger. kira-kira ada saran nggak ya mba? saya sih kadang suka capture kalau kita lagi video call jadi bisa keliatan ganti hari dan situasi nanti beberapa mau di cetak buat dilampirin bukti, trus kadang sesekali email-emailan juga sekarang untuk keperluan itu. mba, kalau melampirkan bukti berupa video boleh nggak ya? karena saya ditolak visanya terpaksa pacar yang datang lagi ke indonesia, saya ada rencana buat bikin statemen video biar melancarkan saya dapet visa buat apply lagi nanti… saran mba gimana mba??
    dan yang kedua, jumlah tabungan kita berdua yang kurang. hehehehe… ini sih emang mau ga mau harus nabung dulu. hehehe…
    memang bener ya mba, saya sebagai WNI minimal harus punya diatas 50 untuk tabungan??

    • Untuk bukti komunikasi setahu saya kalau misalnya menggunakan skype, walaupun hanya voice dan video call biasanya akan ter-record di history nya kapan saja kita melakukan chat tersebut. Saya kemarin juga tidak menyertakan email2, hanya skype chat saja dan itu pun lebih banyak hanya history voice+video call saja. Untuk tabungan saya tidak tahu besar nilai yang diminta, setahu saya untuk pihak yang mensponsori setidaknya punya dana lebih dari cukup. Kalau untuk tabungan kita setidaknya jangan sampai kosong. Kalau memang sudah berniat mau pergi, siapkan saja dana di tabungan untuk bukti apply visa.

      • blm pernah ketemu mbak cuma setiap hari saya komunikasi chat fb aja…komunikasi kami tidak pernah putus sejak kami kenalan di fb.ini saya mau ke england karena england adalah negara impian saya dari dulu dan kebetulan saya dapat kenalan org Lithuania yg bekerja di London dan dia mau jd sponsor saya.karena dr dulu saya penggemar Manchester United club sepak bola jd saya pengen banget bisa ke Manchester.saya jg sering skype sm dia…apa nanti kalo pas apply saya harus menyertakan bukti2 chat saya dengan dia?

      • Hello, menurut aku sebaiknya kamu ketemu dulu dengan dia sebelum dia mensponsori kamu ke UK, karena saat apply visa kamu bisa menyertakan bukti-2 pernah ketemu dengan dia berupa foto-2. Sekedar info, saya ada beberapa kenalan yang hanya kenal lewat online belum pernah ketemu dan ditolak untuk aplikasi visanya. Kenapa tidak sponsor kamu datang dulu ke Indonesia ? Menurut aku juga terlalu riskan untuk datang ke negara orang tanpa kita mengenal lebih dahulu orang yang mensponsori kita. Sekedar maksukan dari saya.

  29. karena terus terang mbk tujuan utama saya bisa ke Manchester dan bisa menyaksikan pertandingan Live di Old Trafford Manchester…terimakasih mbk buat bantuannya

  30. Hello mba Sarida, slm kenal. Klu visa UK d tolak brp lama jeda waktu yg hrs d tunggu untuk apply visa baru? Thx ya bwt jawabannya….

  31. Halo. Saya mau sedikit bertanya nih tentang pengajuan visa UK. Rencana pertengahan tahun 2015 saya mau berkunjung ke UK buat ke manchester. Kalo buat liburan kesana sponsornya itu gimana ? Dan saya masih mahasiswa tidak ada slip gaji.
    Mohon pencerahannyah terima kasih🙂

    • Hello, sponsor itu artinya orang yang membiayai liburan kamu ke UK. Sponsor bisa siapa saja tidak harus orang yang tinggal di Inggris, asal dia punya dana yang cukup untuk membiayai kamu, misalnya saja orang tua kamu. Tidak punya slip gaji apa maksudnya kamu masih sekolah ?

  32. Halo mba sari saya rencana mau apply visa turis, mau tau klo rekening di bank biasanya minimal brp ya? Apa ada hitung2an biaya hidup per hari di sana, krn tabungan saya ga begitu banyak dan ga Ada sponsor. Mohon infonya ya

  33. Hi Sarida, nice to meet you here..

    Tahun ini rencananya aku mau urus Married Visa/ Visa Menetap yang biayanya Rp 10.825.000 dan pengurusannya kurang lebih 2- 3 minggu, cuma agak bingung karena saya ada 2 anak dari pernikahan sebelumnya, apa Sarida tahu info untuk biaya pengurusan visa anak2 menetap sama dengan aku sebagai istri atau tidak ya? dan biaya Rp 10.825.000 x 3 orang akan hilang bila visa tidak disetujui buat aku kuatir.

    Apa ada saran sebaiknya kami menggunakan visa jenis apa sesuai pilihan dari PT. VFS Services Indonesia sbb:
    Tourist / Bisnis. Multiple 6 Bln Rp 1.260.000 ( 5 – 6 hari kerja )
    Multiple 1 – 2 Tahun Rp 3.988.000 ( 5 – 6 hari kerja )
    Multiple 5 Tahun Rp. 7.135.000 ( 5 – 6 hari kerja )
    Working Visa / Domestic worker Rp 3.988.000 5 – 6 hari kerja
    Student Visa Rp 2.728.000 5 – 6 hari kerja
    Married Visa/ Visa Menetap Rp 10.825.000 2- 3 minggu

    hahha gak mungkin aku akan pilih visa tourist ya, suamiku kesini tiap 4 bulan sekali untuk bertemu aku dan anak2

    bantuin donk Sarida, dimana aku bisa mendapatkan info2 dan berkonsultasi utk mengambil keputusan sebelum apply visa UK..

    Thank you so much sebelumnya ya…

    • Hello, maaf saya kurang tahu juga untuk spouse visa karena masih belum ada pengalaman apply selain visit visa. Mungkin bisa tanya ke group2 mixed couple di facebook.

    • Hello mbak Devi
      salam kenal semuanya , mbak untuk spouse visa uk fees nya 1447USD dan online payment , saya tgl 2 april kemarin baru submit applicasi ke vfs dan proses sekitar 3 bulan

      • Hello Ami.. salam kenal juha, maaf telat bales ..iya baru dpt Link nya dari Komunitas Kawin campur ternyata hampir 18 juta/ orang.. aku bagi private emailnya boleh? mau tanya2 soal dokumen2 nya say.. oh ya buat Mba Sarida kalau aku ada kebutuhan utk ke UK hanya sekitar 2 minggu saja karena harus interview pindahan sekolah anak2ku apa bisa dengan mengajukan visa turis saja? mohon saran ya… thanks sebelumnya

    • Dan untuk apply spouse visa penting harus tb testing di rumah sakit primier jatinegara karena yang pertama di tanyakan vfs officer adalah certf tb testing

    • HI Mba devi, boleh sharing informasi mengenai visa menetap UK , saya ada rencana untuk merried sama orang uk , dia sudah datang ke Indo untuk visit tapi saya belum pernah mengunjungi uk .. nah rencananya after merried saya akan ikut dia ke Uk .. boleh sharing infromasi mengenai dok. proses dan biaya .. berikut email saya : febrianieni@ymail.com. Terima kasih

  34. Makasi mbak sarida atas infonya…
    Kalau kita ga punya sponsor bisa ga apply visa?? Karena saya pingen ke london hanya utk datang dan nonton tim kesayangannku ARSENAL di EMIRATES STADIUM. ..
    terimakasih..

      • Hai, mau tanya dong kalo rekening bank yg akan kita lampirkan itu ada persyaratannya ga seperti harus ada saldo sekian selama beberapa bulan atau bagaimana? Makasih sebelumnya..

  35. HI Mba Sarida,

    Sorry mengganggu,..
    Saya Ella, mau bertanya mengenai pertanyaan pribadi untuk apply visa boleh ?
    Kebetulan, saya punya hubungan “special” dengan orang UK. dan dia sudah visit ke Jakarta Desember 2013 kemarin.
    Boleh minta email pribadinya mba ?
    Thanks alot yaa
    Ella

  36. Tks tulisannya sangat ber manfaat.
    Saya dah seminggu nunggu juga bos….apakah nantinya juga akan di telphon utk wawancara juga…
    Padahal ber 4 sama adikku. ..ke Uk menghadiri wisuda s3 adikku .
    Bagaimana cek smsnya ya….padahal sy juga dah bayar 75rb x 4..u biaya pengiriman paspornya dan sms nya. .
    Maturnuwun

  37. Hai…salam kenal mbak sarida,boleh saya minta alamat email? Visa uk saya barusan ditolak huhuhu…sedih rasanya…nah saya mau ngajuin lg dan saya mau lebih teliti…trus saya juga mau ngajuin visa schengen apakah kalau visa uk ditolak berpngaruh ke visa schengennya?…tq before infonya…

  38. hello mbak Sarida
    saya lagi nunggu spouse visa uk nich
    tgl 2 april kemarin saya sudah submit all the applications to VFS
    ini email saya mbak yahmi.ami_67@yahoo.com
    kita bisa sharing informasi , mudah2an spouse visa uk saya di appove
    vfs bilang nunggun paling cepat 3 bulan max 6 bulan
    good luck selalu ya mbak

    • Hi Ami, lam kenal..
      Mbak Sarida, aku ijin jawab disini yah..
      Aku baru dapat UK spouse visa aku, setelah 2 bulan deg2an tunggu🙂
      UK spouse visa max 60 hari kerja, jadi kl dihitung dengan sabtu dan minggu sktr 3 bulan.
      Penghitungan ini termasuk waktu yang diperlukan untuk kirim dokumen yah..
      Good luck ya Ami buat spouse Visa nya

      • Hi mbak Titin
        Salam kenal juga ya maaf telat reply nya , selamat ya untuk visanya mbak sudah di approved
        Mbak saya berharap mbak Titin bersedia contact via email saya , saya tunggu ya mbak
        Untuk mbak Sarida gook luck always ya

      • Hallo mbak titin,

        Aku boleh minta personal emailnya?aku bru nikah sama UK resident bulan mei kmrn dan rencana mau apply spouse uk visa,dlu taun 2012 pernah ditolak untuk turis visa nya jadi masih agak trauma😁,
        Aku mau minta masukannya untuk apply spouse visa

        Makasih😘

  39. heii Mbak Sari..🙂
    aku jg aplikasi pertama dulu (banget), ditolak, karena pas interview salah jawab.. juga mungkin karena belon pengalaman kali ya, karena itu usaha bikin visa pertama. but, sejak itu (2002), udah 3 kali aplikasi (2010 – 2013) hamdulile sukses terus.. (semuanya visa turis biasa, up to 6 months). Wah visa Italia gampang yaaa..? wow mungkin untuk tahun 2015 nanti mo coba Italia… La Passione di Roma ..🙂

    ok, sukses selalu untuk Mbak Sari..

  40. mba sarida, thanks buat tulisannya🙂 mau tanya jangka waktu apply visa ke2 yg ditolak dan apply visa ke3 yg akhirnya diapprove itu brp lama ya? thanks before..

  41. Halo mba Sarida,
    Terima Kasih banyak buat infonya yah.
    Saya mau tanya neh, kebetulan sy akan ada conference di London bulan juni ini, kira2 butuh waktu brp lama yah untuk pembuatan visanya? dan bagaimana proses pengurusan visanya, apakah ada perbedaan?
    Trus berapa biaya pengurusan visa tsb (in total).

    Thanks in advance🙂

  42. Hai Mbak Sarida,

    thanks untuk infonya seputar visa UK. Rencana saya n keluarga bulan desember akan liburan kesana. Kira2 ngurus visanya berapa bulan sebelum berangkat ya? in case ada limitnya kalo saya ngurus kecepetan, nanti visanya dah keburu expiired sebelum desember.

    Fel

  43. Dear kak your are lucky person congrats to you because you can holiday to UK ni saya juga mau ke UK saya punya kekasih Dari UK belum tau tentang visa siapa tau kakak bisa Bantu tolong di kabari lewat email ok🙂 soal Nya saya tidak ingin pisah Dari kekasih saya🙂
    Thanks you

      • Salam kenal mbak Sarida, mbak Titin, mbak Ami dan teman smuanya……kebetulan saya baru baru balik dr UK minggu yang lalu dan saat ini lg sibuk ngumpulin info dan dokumen2 untuk persyaratan married dengan orang UK dan persiapan untuk Spouse Visa.
        Kalau teman – teman berkenan, mohon sharing untuk persyaratan dan dokumen2nya ya ….khususnya untuk mbak Titin dan Ami hehehe yang sudah punya pengalaman.
        Boleh minta email addressnya ya mbak.

        Matur nuwun

  44. Salam kenal mbak Sarida, mbak Titin, mbak Ami dan teman smuanya……kebetulan saya baru baru balik dr UK minggu yang lalu dan saat ini lg sibuk ngumpulin info dan dokumen2 untuk persyaratan married dengan orang UK dan persiapan untuk Spouse Visa.
    Kalau teman – teman berkenan, mohon sharing untuk persyaratan dan dokumen2nya ya ….khususnya untuk mbak Titin dan Ami hehehe yang sudah punya pengalaman.
    Boleh minta email addressnya ya mbak.

    Matur nuwun

    • Salam kenal mbak2 smuanya.. Mbak sarida, mbak ami, mbak titin, mbak suzanna..
      Beruntung banget bisa dpt blog ini..
      Saya bisa minta emailnyaa yaa..
      Lg galau nih nungguin spouse visa with 1 dependent children..
      Pengen share lebih private dengan mbak2 yg dah pengalaman..
      Boleh minta emailnya?
      Atau email saya di fiadamayanti@yahoo.com
      Tks banyak sebelumnya..

  45. Hi mbak sarida,
    Salam kenal dari nisa, udah pernah apply spouse visa belum??, suami ku British citizen niat mau ajak aku beberapa taun tinggal di UK cause dia kerja disana bingung sama syarat2nya kalo boleh sharing dong mbak ini email ku nieshya.nisa@gmail.com cause we are separated for at least a year😥 karena terbentur visa jadi dia yang bolak balik UK-indo

  46. hi mbak sarida,
    aku febby mau nanya nih mbak.. kan skrg kalo mau ngurus visa UK lewat vfs.. tp aku kurang ngerti mbak kemaren aku ajuin tgl 1 juli terus sekrg aku dapet email katanya “was received at the UK Visa Application Centre on 7/21/2014 2:17 PM” nah aku bingung dgn pernyataan kya gt mbak.. itu artinya pasporku uda bisa diambil atau permohonanny bru masuk embassy UK? .

  47. halo mba salam kenal. aku mau nanya, aku berencana untuk berlibur mengunjungi keluarga di uk, untuk kemampuan bahasa inggris apakah itu dipertanyakan seberapa jauh kita menguasainya? thanks mba

      • mba kan kemaren pas tgl 21 juli itu ternyata permohonan visa aku ditolak sm embassynya.. katanya mereka blm puas sm permohonan yg diajuin.. trus sekrg aku udah nyiapin permohonann yg baru lg.. kan yg waktu kemaren itu uda aku itung2 aku ngurusnya 90 hari sblm keberangkatan.. nah kalo skrg aku urus lg itu kurang dri 90 hri sblm keberangkatan.. itu memungkinkan untuk diterima apa engga?

      • Untuk apply kamu boleh kapan saja. Untuk mengurusnya kalau kurang dari 90 hari sebelumnya keberangkatan tidak masalah. Terakhir saya apply di bulan Juni utk kepergian Agustus (2 bulan sebelum keberangkatan) dan diapprove juga. Good luck utk visanya.

  48. Mbak, saya mau apply visa UK, tapi saya tidak punya Kartu Kredit atau Paypal,,
    Terus apa bisa dibayar secara langsung,?
    Tetapi bagamana mengenai Print Out hasil aplicant?

  49. Hello Mss. Sarida, Artikel yang sangat informative. Namun ada beberapa pertanyaan tentang visa student Tire 4, sewajarnya sebagai applicant deg2an menunggu keputusan UKBA. 1) Seberapa besar pengaruh interview pada keputusan?, karena salah satu jawaban saya pada intrvw :”those things are good to add for my CV & job prospect” takut sensitive pada kata”jobs”. hehe.. 2) Bank reference letter saya msh tertuju pd Univ. sebelumnya/ salah alamat, itu trouble atau tidak? 3) Apakah student visa lebih mudah didapat?
    Thank’s for ur respond🙂

  50. Hai salam kenal,

    Aku pgn visit cowo aku di Man, dia lagi sakit. Hanya passport aku masi baru banget. kira2 ngaruh ga ya buat visa. karena aku memang sebelumnya gada niat travelling keluar negeri hehe… taunya nyangkut sama yang jauh banget…

    pengennya awal october, kira2 mempet anget bisa ga ya…

  51. Halo mba terimakasih atas info nya, mau tanya, klo disponsori oleh pasangan, apa tetap harus mencantumkan print tabungan saya selaku yg mengajukan visa? kalau print tabungan dari sponsor saja tidak cukup kah? terimakasih.

  52. Hello mbak, saya mau tanya dulu waktu di tolak visa nya brp lama setelah itu mbak ajukan lg, bisakah kita lgsg mengajukan ulang lg setelah visa kita di tolak? Ato hrs menunggu bbrp lama dulu? Krn visa saya di tolak dan saya mau ikut pacar saya ke UK desember ini untk merayakan natal bersama keluarga besarnya di sana. Tolong info nya ya mbak, makasih

  53. Hi MBA Sarida

    Salam kenal, says Roma, saya ingin bertanya detail perihal document pengurusan visa ke Scotland yg terkait DG sponsor pacar, boleh minta personal emailnya kah?

    Terima kasih
    Roma

  54. Hallo mbak Sarida.. Perkenalkan saya Zia dari Malang. Saya bermaksud apply visa untuk menemani suami yang sedang tugas belajar di UK. Tapi ada banyak hal yang ingin saya tanyakan tapi ndak tahu harus tanya ke mana. Kalau mbak Sarida ada waktu, apa boleh sharing? email saya zia.itu.jijo@gmail.com Terima kasih mbak Sarida..🙂

  55. Mbak saya mau nanya.. saya bru saja submit visa dan disponsori oleh orangtua. Surat sponsornya ditujukan untuk The embassy UK di jakarta begitu juga surat referensi banknya. Apakah salah? Dan apa berdampak besar thdp permohonan visa saya?

  56. mba maaf ,,, surat apa saja yg dikirim dari sponsor kita di london … pake bahasa iNggris ya mba,,,nti langsung aku copas n kirim ke dia

  57. Mba Sarida yg baik, apakah saat ini anda di jakarta atau masih di UK ??? saya benar2 ingin bertemu langsung sama mba Sarida dan memperlihatkan dokumen2 yg sudah saya ajukan ke Kedutaan Inggris melalui Bayu Buana Travel Agent ditolak karena kurang lengkap. Ketika Juni tahun lalu /2014. Kemudian suami saya yg tinggal di Cambridge mengajukan banding sudah bersidang Januari 2015 dgn penolakan lg Februari 2015. Ini pengajuan Visa Visit 6 bulan saja mbak krn sudah menikah hampir 4th kok belum pernah liat negaranya. Rencananya suami saya <Maret / April yad mau ke Jakarta lagi sekalian menemani saya apply lagi. Tapi mungkin jika saya ketemu mba Sarida langsung akan sangat menolong saya mbak. Kira2 mungkin gak mbak kita ketemuan ?.Trimakasih atas jawabannya.
    Salam saya, Nani

    • Hello, sorry banget jawabnya telat karena saya agak sibuk akhir-2 ini. Bagaimana apakah sudah mengajukan visa lagi ? Good luck ya.. semoga kali ini diapprove visanya.

      • Trims atas balasannya. Kita sama2 sibuk ya mbak shg sy belum mengajukan lg mungkin malah ada baiknya apply Visa Spouse sj ttp msh dlm persiapan . Have a nice day Sarida

  58. mba saya mau tanya, desember kemarin visa saya ditolak lalu saya apply kembali seminggu yang lalu, nah hari ini saya mendapatkan email klo decision untuk visa saya sudah dibuat, tapi saya belum menerima telp untuk di interview, menurut mba visa saya diterima atau tidak yah?

  59. Hi Mba,. apa kabar? nama saya stephanie dan saya senang sekali bisa membaca tulisan Mb ini,. saya sedang menjlani hub yang serius dengan seseorang dari Uk,. dan sudah 2 kali saya apply visa dan sukses di tolak.
    setelah membaca tulisan mba ini saya jadi bersemangat untuk mencoba lagi.
    Trimakasih Mba, sudah Membantu sy dengan tulisannya Mba Sarina yang luar biasa ini.

  60. Hai Mbk Sarida, Aku Ellan Salam kenal ya.
    Wow… aku baca komentarnya dari tahun 2013 sampai 2015…
    Thank bgt ya udah berbagi pengalaman di sini.
    Aku mau Apply juga unuk kunjungan Ke Uk Sempember nanti.
    Boleh aku tahu Facebook mbk Sarida?

    Klu Bersedia Invit Ellan ya di Ellandya Ludya Sirait, ada 2 dua FB.

    Thank Mbk…

  61. Hai mba sarida ,,aku rencana menikah bulan depan ,,pacar ku tiggal di london,,apakah sulit untuk membuat visa untuk saya dengan membawa bukti pernikahan ,,ini alamat fb ku mch audrie fb

    • Hello, sorry baru sempat jawab. Semoga sudah menikah ya dan selamat untuk pernikahannya. Kalau sudah menikah secara resmi, seharusnya tidak susah untuk membuat visa bila sudah menikah secara resmi asal semua document untuk syarat pengajuan visanya lengkap.

  62. Kak, boleh tanya karena saya ada rencana sama persis dgn kakak ke inggris utk ketemu pacar.
    Di part 1, kakak sebutkan FC KSK. Ksk itu apa ya kak?
    Jika kita tidak bekerja dan tidak mempunyai slip gaji apakah tetap harus melampirkan? Kemana kita harus menanyakan hal spt ini kak?
    Mohon bantuan ya kak..terima kasih kak Sarida.

    • Hello, sorry KSK maksudnya KK (kartu keluarga). Agak susah juga kalau tidak bekerja, karena tidak bisa menunjukkan kalau kita ada tanggungan pekerjaan di Indonesia dan akan kembali lagi setelah liburan nanti.

  63. Hallo mba sarida..
    Sorry, mba ud merid dgn pasangan mba belum ya? Sy mau tanya proses spouse visa ny.
    Kalo sy sndiri kebetulan th kemarin sdh ke uk, visa sy approved, pasangan sy ud 2x kesini, qt sdh prepare u/ menikah nov ini n sy mau tnya2 proses bwt spouse visa ny.
    Mgkn mba bs bantu klo mba ud menikah?? / temen2 lain ny mau share proses ny.
    Btw ini email q : neiviezuki1911@yahoo.com

    Thanks🙂

  64. Mbak sarida aku mau tanya tanya pertanyaan apa saja yang ditanyakan saat interview untuk romance relationship aku lg stress bgt nih urus visa UK soalnya mau mempersiapkan matang2 . mohon dibalas ya mbak makasih bisa email aku di shevtirivera@gmail.com

Leave a Reply

