Pengalaman mengurus UK visa (part 1)

Bulan February lalu saya baru saja berlibur ke ibu kota Inggris yaitu kota London. Selain berlibur sebenarnya tujuan utama saya adalah untuk mengunjungi sang kekasih hati yang tinggal dan bekerja di London *blushing*. Sebelum menulis tentang jalan2 saya di negeri Queen Elizabeth kemarin, saya ingin berbagi cerita terlebih dahulu tentang aplikasi Visa UK, karena memang nasib orang dengan passport ijo seperti saya bila ingin berkunjung ke negara2 Uni Eropa syarat wajib adalah mempunyai visa untuk berkunjung ke negara tersebut.

Mengajukan aplikasi UK Visa merupakan pengalaman tersendiri buat saya. Sebelumnya sudah 2 kali saya mengajukan UK General Visitor visa (visa berkunjung) dan keduanya sukses ditolak. Alasan penolakan ada saja lah dan baru yang ke 3 kalinya saya apply (tidak mengenal putus asa pokoknya haha) akhirnya dikabulkan juga. Berbeda dengan visa ke Italy yang sekali apply langsung dikabulkan, untuk mendapatkan UK visa ini memang perlu perjuangan. Memang ditiap penolakan visa, UKBA (United Kingdom Border Agency alias perwakilan UK yang mengurusi pervisaan) selalu menyertakan surat yang berisi alasan2 kenapa Visa UK kita ditolak, dan pengalaman dari situ untuk apply kali ini saya mencoba melengkapi semua document2 dan bukti2 yang diminta.

Informasi lengkap tentang pengajuan aplikasi UK Visa di Indonesia bisa dilihat di website VFS UK Indonesia http://www.vfs-uk-id.com/
Sekedar berbagi pengalaman karena kemarin saya mengajukan General Visitor visa (visa berkunjung yang valid sampai 6 bulan) dan disponsori oleh sang pacar yang tinggal di Inggris, document2 yang saya siapkan sebagai berikut :

1. Passport yang masih berlaku.
2. Form aplikasi visa yang sudah diisi secara online (wajib diisi secara online), di-print dan ditandatangani. Untuk form aplikasi visa-nya bisa dilihat di sini http://www.visa4uk.fco.gov.uk/ApplyNow.aspx
3. Pas photo 3.5 x 4.5cm. Untuk syarat tentang photo ini bisa dibaca di website VFS UK Indonesia.
4. Photocopy KSK dan akte kelahiran.
5. Surat referensi bank yang menyatakan kalau kita nasabah di bank tersebut dan juga print out rekening kita di bank selama 6 bulan terakhir
6. Reservasi ticket (jangan diissued dulu), bisa minta ke travel agent.
7. Surat referensi dari kantor dari tempat kita bekerja dan juga slip gaji 6 bulan terakhir.
8. Surat undangan dari sponsor (kekasih saya) yang menyatakan bahwa dia akan menanggung semua keperluan saya selama saya tinggal dan berlibur di London.
9. Surat referensi bank sponsor
10. Surat keterangan kerja sponsor dan juga slip gaji
11. Surat sewa flat/tempat tinggal sponsor, surat ini untuk membuktikan bahwa sponsor mempunyai tempat tinggal di Inggris. Kemarin kekasih saya bahkan melengkapi dengan surat pembayaran rekening telepon dan listrik.
12. Photocopy passport sponsor
13. Photo-2 kita berdua, sekedar untuk membuktikan bahwa kita sudah pernah bertemu.
14. Surat pernyataan (personal starement) dari saya yang menjelaskan tujuan saya untuk datang ke Inggris dan hubungan saya dengan sponsor.

Untuk syarat nomor 13 dan 14 sebanarnya hanya untuk pelengkap saja, karena saya ingin membuktikan bahwa saya benar-2 kenal dengan sponsor.

Setelah semua document2 lengkap, berikutnya adalah membuat appointment melalui website VFS UK untuk penyerahan aplikasi visa. Salah satu syarat wajib untuk mengurus UK visa adalah setiap pemohon harus datang sendiri (tidak boleh diwakilkan) ke VFS UK di Jakarta untuk menyerahkan aplikasi visa beserta pengambilan foto dan sidik jari. Jadi memang untuk mengurus visa UK ini mau tidak mau setiap pemohon harus datang ke Jakarta.

Sewaktu apply visit visa yang pertama dan kedua saya masih di Surabaya, jadi bisa dibayangkan ‘sakit hatinya’ sewaktu visa saya ditolak. Selain uang untuk pengurusan visa yang tidak dikembalikan bila visa kita ditolak, belum lagi biaya dan waktu yang terbuang untuk PP Jakarta – Surabaya. Jadi beruntunglah saya kali ini karena sudah tinggal di Jakarta.

Setelah membuat appointment online melalui website VFS UK, barulah saya bisa datang untuk penyerahan aplikasi visa sesuai dengan tanggal dan jam yang tercantum di printout appointment.
Saya ingat pengalaman sewaktu apply visa sebelumnya, kita bisa langsung datang ke FVS tanpa perlu membuat appointment, tapi rupanya sejak tahun lalu untuk penyerahan aplikasi visa, pemohon harus membuat apointment secara online melalui website VFS.

OK, pengalaman saya mengurus visa UK akan saya sambung di part 2, karena seperti halnya pengalaman saya yang panjang dan berliku demi mendapatkan visa ke Inggris, tulisan ini akan pecah menjadi 2 bagian karena terlalu panjang. Coming soon for the update.

About these ads

301 thoughts on “Pengalaman mengurus UK visa (part 1)

    • Hello, mau aplly visa apakah ke UK ? Kalau visit visa setahu saya tidak perlu, tapi kalau Spouse visa sepertinya harus diterjemahkan ke bahasa Inggris.

      • Hi Mba Sarida, bagus sekali informasinya, kebetulan bulan agustus 2014 aku harus ke UK untuk menjenguk tanteku yang sakit dan dia sudah menjadi warga negara disana. aku mau tanya untuk rekening bank ini purposenya untuk apa ya? karena jika untuk pengecekan kemampuan financial mungkin cash flow aku ga besar mba, mungkin ga kalau aku gunakan rekening koran orang tua? mengenai english certificate, aku dulu kuliah di Stafford shire Malaysia (kampus franchise dari UK) it means apakah aku harus tetap gunakan certificate or aku bisa gunakan sertifikasi kelulusan?

        anyway aku jarang membuka blog nih mba, mungkin feedback mba bisa dibalas via email aku di Riska.ilmii@yahoo.com.

        your feedback is highly appreciated :)

        thank you Mba Sarida

      • Hello, kalau untuk rekening koran kita sebagai applicant tetap diminta karena itu bukti kemampuan financial kita walaupun kita ke Inggris menggunakan sponsor. Untuk rekening orang tua kamu, kamu bisa mengikutsertakan kalau orang tua kamu sebagai sponsor kamu.
        Untuk apply visit visa tidak ada keharusan menyertakan english certificate karena kita hanya visit saja ke sana bukan stay.

  1. Salam , mba Sarida yang baik
    kenalkan nama saya fitri,,mba saya lagi bingung neh ( maaf ya jd curhat..)calon suami saya berasal dari inggris dan kami akan menikah tahun ini,inshaAllah dan yang menjadi pertanyaan saya, ada wacana sejak tahun 2011 kalau mau tinggal disana harus bisa lancar dulu bahasa inggris ya,mba??( padahalkan spouses,jadi ikut suami gt??) dan harus pakai sertifikat bahasa inggris itu syarat pengajuan visa dan pada saat diinterview officer embassy.gimana ya mba..my english unwell,, ney.kalau itu wacana itu bener wahh cintaku terhalang visa,,dan hrs course berbulan2??.ada saran mba??mohon pencerahannya ,mb Sarida
    salam kenal
    fitri

    • Hello Fitri, sorry baru jawab. Setahu saya salah satu syarat memang harus punya English certficate, cuma untuk interview saya kurang tahu. Maaf saya nggak punya pengalaman utk spouse visa, tapi ngga ada salahnya kursus Inggris kan, bagaiamana pun calonnya orang Inggris apalagi kalau memang harus stay di sana. Nggak usah takut, good luck utk pernikahan dan visanya.

    • Hello Fitri, temanku apply spouse visa gak pakai interview. kalau apply spouse visa memang harus melampirkan english certificate, cuma basic Level A1 speaking and listening aja, mudah khan jadi gak usah takut.

    • Salam kenal fitri. Sekedar sharing Pengalaman saya mengurus Spouse visa cukup menyibukan. Form yg harus di siapkan adalah:
      – Mengisi form Visa
      – certificate IELTS.( overall band score 4)
      – kontrak kerja sponsor ( suami )
      – fasilitas tempat tinggal ( surat dari council di UK )
      -Tabungan di Bank
      -Bukti bahwa anda benar menikah dgn pasangan anda. ( foto , surat pernyataan teman atau tetangga yg mengetahui bahwa anda benar menikah dgn pasangan anda )

      • Salam kenal semua. Sekedar info bagi yg ingin mengajukan Spouse visa UK . Semoga bermanfaat.

        -Passport
        -( mengisi form visa )
        -Surat nikah
        -Bukti benar menikah ( foto dan surat keterangan teman dekat yg -mengetahui bahwa anda benar menikah dan hidup bersama )
        -IELTS certificate minimum overall band score 4
        -surat keterangan dari COUN
        CIL di UK bahwa benar memiliki tempat untuk menetap di UK.
        – Kontrak kerja sponsor ( pasangan )
        – Bukti tabungan di BANK.

      • Selamat sore,mas budi
        Makasih banget yaa info meski udah telat ,,semua dokumen sudah saya lengkapi dibulan oktober tapi pernyataan dari tetangga bahwa telah dilangsungkan pernikahan saya tidak ada,,mudah2an petugas visa berbaik hati ya,mas,,mski dokumennya ga ada
        oya, terus gmna akhirnya visa mas,apakah sudah disetujui??
        kalau saya masih dalam masa H2C ney mas,,dan klo visa ditolak bisa mengajukan lagi,mas dan ada masa tenggang nya??
        Makasih ya mas Budi
        dan makasih mba Sarida yg udah pny blog ini,,useful bangett dehh

      • dear Budi,, boleh saya tahu alamat email, whatsup or viber,,i need your help dirimu???,,,
        please let me to know,,
        Thanks

    • hi mba fitri, skdr informasi kmrin sy bru dpt visa uk stlh 2 thn berjuang untuk dpt visa spouse km bs kontak d fb sy untuk sekedar shering :) nm fb fitri baghi thanks

      • Mau donk mb fitri sharingnya tentang apply spouse visa, saya bingung bgt mb soalnya suami g bisa tinggal kerjaan disana

  2. halo mba sarida salam kenal.. kalau kita mau di sponsori orang. semua surat undangan, sewa flat, dan slip gaji bisa dia scan kirim via email, atau harus fotokopian kirim via pos dhl?

    • Hello salam kenal, waktu apply kemarin utk surat undangan saya sertakan yg asli, yg ada tanda tangan dari pengundang, begitu juga dengan refernce letter dari bank. Jadi bisa minta sponsor utk kirim via pos atau DHL. Sedangkan utk slip gaji, sewa flat, passport pengundang saya sertakan fotocopy-an. Cuma kemarin sponsor saya mengurumkan fotocopy-nya berbarengan dengan document2 yg memang harus asli. Good luck utk visa-nya.

  3. Halo mbak sarida, saya mau tya ni…, saya coba buat appointment tapi kok keluarnya dates not available. jadi bgmn ya, padhl saya udah ngisi data online dan berkas2 sudah siap. tpi knp wakt saya coba buat appointment malah dates not available ya. mohon informasinya ya kalau seandaianya mbak pernah alami hal seprti saya,,
    terima kasih,,

    • Hello Farhan, iya dulu saya pernah mengalaminya bahkan saya sempat telpon ke VFS nya. Cuma memang disarankan utk mencoba lagi. Saya coba lagi dan untungnya bisa. Mungkin server mereka terlalu sibuk saat itu. Good luck.

  4. salam kenal Mbak Sarida. Terima kasih sharingnya dan saya mendapatkan beberapa info tambahan. Tahun lalupun visa UK saya ditolak karena tidak didukung oleh dokumen penting lainnya dan karena kami akan bertemu untuk pertama kalinya. Tapi sekarang kami dah pernah bertemu, dan bulan Juli ini berencana untuk mengajukan visa UK lagi. Sempet berkecil hati dan takut tapi ketika baca pengalaman Mbak Sarida, timbul harapan lagi. Ma kasih ya Mbak….

    • haloo..herni
      saya sepertinya butuh saran kamu nih,,bisa share pengalaman kamu mengurusi visa tersebut,,email saya:lara.fabian29@yahoo.com
      salam kenal,saya tunggu emailnya ,mba Herni

      • Hello fitri…semoga aplikasi visanya sukses.
        Saat ini saya sudah di UK dan baru mendapatkan certificate life in the UK test. dan sekedar info bagi yg telah berhasil mendapatkan UK Spouse visa sebaiknya persiapkan diri utk 2 tahun kedepan. Di karenakan peraturan imigrasi UK telah berubah utk aplikasi visa ILR.
        Aplikasi visa ILR wajib melampirkan certificate English Speaking & Listening level B1.
        Dan wajib melampirkan certificate kelulusan Life in the UK test.
        Semoga bermanfaat. Dan fitri mudah mudahan spouse visanya berhasil. Tapi apa bila di tolak ada baiknya tidak melakukan appeal. Lebih baik menggunakan jasa solicitor.

      • Halo Mbak Sarida dan semua yang mampir. Sy mau berusaha dapat visa spouse, mohon bantuan info lbh lengkap. terutama dr budi yg sdh berhasil. FB sy Josephine Lie Cowan mohon FBnya juga buat Budi dan Sarida. thanks

      • Hello Josephine, sorry saya tidak ada pengalaman untuk apply spouse visa, jadi tidak banyak membantu. Semoga teman-2 yang punya pengalaman dan sempat mampir ke blog saya bisa membantu kamu. Good luck untuk visanya.

  5. heloo…bermanfaat bgt buat sy tulisannya. Thn depan sy rencana mengajak anak2 mengunjungi inggris, utk berlibur. Smoga visa sy diterima…makasih sharingnya…

  6. mbak kalo gag ad sponsor gitu gimana ya?, trus solusinya gimana ya mbak? kebetulan saya lagi buat student visa.. makasih mbak.

    • Hello, utk student visa setahu saya kalau memang atas biaya pribadi tidak perlu sponsor. Kalau memang dibiayai orang tua, waktu apply mungkin bisa menyertakan rekening bank/deposito orang tua. Saya kurang tahu pasti untuk student visa, setahu saya juga untuk student visa menggunakan system point. Untuk lebih jelasnya mungkin bisa baca di websitenya UKBA.

  7. Hallo Mba Sarida, what a very useful information. Thank you so much.
    Aku mau tanya donk, untuk surat keterangan dari tempat kerja… formatnya kayak gimana yah? Aku rencananya mau ke UK desember nanti, pacarku saat ini tinggal di Indo (sudah jalan 2 tahun di Indo) dan mau liburan Natal tahun ini. Untuk sponsornya juga aku bingung, apa dia yang ngirim invitation (padahal dianya tinggal di sini) atau ibunya. Mohon bantuannya. Thanks

    • Hello Tresia, utk surat keterangan kerja saya dapatnya dari kantor. Untuk formatnya mungkin tiap kantor beda-2 ya, tapi pastinya menerangkan bahwa kita sebagai karyawan di perusahaan tersebut, sudah berapa lama kerja dan akan mengambil cuti selama beberapa hari. Begitu saja. Mengenai surat undangan, mungkin ibunya bisa juga sebagai penggundang. Kalau tidak salah di form aplikasi visa, apa pertanyaan apakah kita akan bepergian sendiri atau dengan seseorang. Kalau misalnya nanti pergi dengan pacar kamu dan dia orang Inggris/seseorang yang tidak perlu visa untuk masuk ke Inggris, kamu bisa isi di formnya.

  8. ikutan nimbrung sist , pacarku kerja di scotland niat mau berkunjung kesana , cuma dia bekerja disana masih memakai visa travel saja , tapi tetap bisa jadi sponsor aku kan yah , surat invite nya harus asli dikirim pakai pos kan ? thx before sist

    • Hello, saya tidak tahu dia bisa jadi sponsor kamu atau tidak, karena setahu saya untuk kerja di Inggris biasanya menggunakan visa kerja dan visa travel dilarang untuk kerja di sana. Oh ya, untuk orang yang kerja resmi di Inggris, mereka akan mendapatkan seperti kartu/surat kerja (saya lupa namanya) dan ini nanti diikut sertakan dalam aplikasi kalau memang dia mau mensponsori seseorang untuk datang ke Inggris. Untuk surat invitation, iya sebaiknya dikirim via post karena kita perlu aslinya, begitu juga dengan document-2 dari bank.

      • Makasih responnya Mba :)
        Oh iya yah, padahal aku sering ketik surat untuk kelengkapan berkas boss ku. :D
        Ada lagi nih, kami kan rencanannya pergi tanggal belasan sebelum Natal (rencananya 3minggu di sana). Kalau misalnya aku ngurusnya akhir Juli, terus mudah – mudahan diterima. Tanggal berlakunya dihitung sejak kapan? Apakah setelah visa dikeluarkan? (Contohnya : agustus 2013) atau pada saat penyerahan berkas? Dan kira – kira, terlalu awal ngga yah kalau aku ngurus mulai akhir bulan ini (soalnya tinggal di Manado, dan kebetulan akhir bulan mau ke Jakarta).
        Juga soal tiketnya, aku bingung..soalnya rencananya beli online aja. Jadi, ngga ada travel yang bisa di ajak kerja sama soal tiket belum diissued. Ada saran? Thanks

      • Hello Tresia, utk pengurusan visa sebaiknya 2 – 3 bulan sebelum tanggal kamu pergi. Kalau masih terlalu jauh dari tanggal bepergian, takutnya malah tidak diapprove. Untuk tanggal berlakunya dihitung sejak visa kita diapprove. Jadi misalnya kamu ingin pergi bulan Desember, dan bulan Oktober kamu sudah apply visa dan misalnya visa kamu diapprove bulan November, maka visa kamu berlaku sejak bulan November. Untuk pembelian online, sepertinya itinerary-nya bisa kamu save (sebelum kamu bayar) dan kamu bisa buat untuk ajukan. Tapi mungkin lebih enak minta saja ke travel. Bilang saja kamu minta di booking-kan dulu untuk syarat pengurusan visa, mungkin mereka bisa bantu.

  9. oh iya, kalau boleh jadikan referensi, bisa tolong dikirimkan juga personal statement (no14)? terima kasih banyak..

  10. salam kenal mbak..
    sy pernah apply visa schengen buat ke rep czech untuk keperluan kerja tapi kok udah 3 x sy apply bahkan ownernya (skaligus sponsor sy) sampe dateng jemput sy ke indo kok tetep ditolak ya? pas sy tnya ama ownernya dia gak mau jawab. kira2 alasannya apa ya mbak?
    trus maaf niy bukan bermaksud SARA tp kalo nama kita ada unsur nama2 islam apa kita dipersulit untuk ke eropa??
    mohon pencerahan mbak..
    thx

    • Hello, setahu saya kalau untuk visa kerja memang agak susah, kecuali memang pihak sponsor bisa menunjukkan kalau memang dia benar-2 memerlukan tenaga ahli dari Indonesia dan sangat diperlukan di sana. Mungkin juga karena ekonomi di Eropa sedang tidak baik dan angka pengganguran di sana mulai tinggi, jadi agak susah buat mereka untuk memberikan visa buat tenaga kerja asing. Btw kalau boleh tahu apa pekerjaan yang ditawarkan oleh sponsor kepada anda ? Kalau misalnya anda benar-2 tenaga ahli dan sangat diperlukan oleh sponsor di sana tidak peduli nama agak berbau Islam, kemungkinan bisa dapat visanya. Kira-2 itu saja pendapat saya.

    • Kalau untuk visa turis syarat-2nya sama saja, cuma mungkin bisa menunjukkan surat kalau anda memiliki usaha sendiri dan yang paling penting punya dana di rekening yang bisa meng-cover selama anda liburan di sana.

    • Kalau berangkat sendiri anda harus mengurus sendiri, maksudnya membawa aplikasinya sendiri ke VFS Jakarta. Sedangkan kalau menggunakan tour utk aplikasi-nya akan dikumpulkan oleh tour, tapi tetap saja pada akhirnya anda harus datang ke VFS untuk foto dan scan sidik jari.

  11. Salam kenal mba Sarida, blognya bermanfaat banget mba, langsung aja mba, hri ini saya dpt email ada tawaran job ke sana, nah saya punya kendala utk visa-nya, menurut mba gmn yah? bisakah mba memberi pencerahannya..cz saya awam bgt utk masalah ini mba..dalam hal ini saya d tawari oleh agent yg berada di sana..nah agent sama ngk sih mba dengan sponsor?..kira2 langkah awal yg saya harus ambil itu seperti ap?..kalo ngk keberatan bisa ngk mba jd sponsor saya utk mendapatkan visa..krn dr info yg saya dpt setidaknya harus ada family yg tinggal disana yg berguna sebagai refrensi or kita mesti deposit money dlu…
    Mohon pencerahannya ya mba..terima kasih sebelumnya mba..
    best regards

    • Hello, utk visa kerja bisa dibaca di http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/visas-immigration/working/ Anda bisa baca di situ untuk lebih jelasnya karena saya tidak punya pengalaman mengajukan UK visa utk kerja di sana. Setahu saya bila anda ditawarin kerja oleh perusahaan di UK maka perusahaan itu yang akan membantu menguruskan visa anda. Mohon berhati2 utk tawaran kerja agen2 yang mengaku bisa memberi pekerjaan di Inggris, apalagi bila ujung2nya anda disuruh menyetorkan uang utk keperluan visa nya karena kemungkinan hanya penipuan. Bila memang agen atau perusahaan itu mau menjadi sponsor anda, maka dia akan membantu menguruskan visa nya tanpa meminta anda untuk menyetorkan uang terlebih dahulu dgn alasan utk deposito dll.

      • terima kasih banyak mba buat informasinya…klo utk setor deposito sya blm sampe situ mba, tp berdsrkn info dr tmn2 sesama expat agen asal ingggris ini track recordnya bagus mba..,saya sangat berterima kasih dengan postingan mba ini karena sdkt bnyk jd tau…jayalah selalu indonesia..amin

  12. Mbak, saya sudah apply special student visitor visa udah lebih dari 2 minggu nih,padahal waktu kuliahnya minggu depan. Kira2 ada saran gak mbak aku hrs gimana? Apa harus telpon vfs terus? Dilihat di track aplikasi sih has been forwarded to ukba from 9 juli, apa iya dari 9 juli gak selesai2 dari ukba nya. Panik banget nih mbak. Mohon pencerahannya

    • Saya kurang tahu untuk special student visitor visa berapa lama, kalau visitor visa kurang lebih 1 bulanan. Satu2nya yang bisa kita lakukan hanya sabar menunggu karena utk visa berapa lama selesainya tergantung dari UKBA.

  13. maaf mba’ saya mau tanya, mengenai sertifikat bahasa inggris apa harus dari lembaga kursus terkenal (*TBI/LIA) karna sertifikat kursus saya hilang, apakah harus disertakan sertifikatnya? klo iya brarti hrs kursus lagi :( ..oiya saat wawancara menggunakan bahasa inggris?..suami rencana kuliah disana dengan beasiswa slma 2 tahun, berangkat mudah2an september ini dan artikel anda sangat membantu, terimakasih :)

    • Sertifikat utk apply visa apa ya ? Student visa kah ? Saya kurang tahu pasti utk student visa, mungkin bisa dibaca di website UKBA apakah harus ada English Certificate utk apply student visa. Utk interview kemarin saya hanya by phone saja dan dikasih option utk memilih bahasa Inggris atau Indonesia.

  14. Hi Mba Sarida,

    Blognya membantu sekali. Saya baru saja apply visa general visitor untuk UK dan di tolak (16 July 2013). Di refusal letter ditulis bahwa mereka meragukan kalau saya pernah bertemu dengan sponsor saya yang notabene adalah teman kerja saya dari perusahaan saya sebelumnya.

    Tgl 26 July ini saya akan re-apply visa saya dan melengkapi keterangan mengenai bagaimana saya mengenal sponsor saya.

    Pertanyaan saya, apakah mereka akan menolak visa saya kembali karena jangka waktu apply visa sejak penolakan adalah 1 minggu? Alasan saya untuk memasukkan kembali aplikasi adalah karena perusahaan saya menolak untuk memberikan cuti kepada saya sampai January 2014. Sedangkan bulan February 2014 saya berencana untuk melangsungkan pernikahan. Jadi hanya tahun ini saya memiliki kesempatan untuk jalan-jalan sendirian…hiks..

    Mohon pencerahannya ya…

    • Setahu saya tidak ada ketentuan kapan kita boleh apply lagi setelah ditolak. Mungkin anda bisa menunjukkan bukti2 lagi akan hubungan anda dengan sponsor saat apply lagi. Mungkin anda juga bisa menunjukkan bukti bahwa anda akan kembali lagi setelah liburan nanti misalnya menyertakan surat cuti dari kantor.

  15. Hallo, Mba Sarida,
    Blognya berguna banget nih. :)
    Nanya donk. Klo Visa yang ditolak, saat akan apply lagi, apakah ada surat khusus yang disertakan?
    Makasih. :)

  16. hello mba sarida,
    salam kenal :)
    saya mau liburan mungkin 6 minggu ke uk, pastinya kita ga bisa pergi tanpa sponsor, tapi sponsor saya teman biasa aja, nanti juga disana aku pindah2 dari teman yang satu ke yang lain krn saya ada beberapa teman disana.
    jadi sponsor saya ga banyak foto sama saya, palingan ada satu atau 2….
    dia memang siap jadi sponsor saya,,
    kira2 gmana ya mba kalo gitu?

    makasih :)

    • Sebenarnya kalau mau traveling ke UK tidak harus ada sponsor, bila kamu mempunyai cukup uang utk mencover semua biaya perjalanan kamu selama 6 minggu maka kamu bisa apply tanpa harus ada sponsor. Pada saat apply kamu bisa mengisi di form aplikasi bahwa kamu membiayai sendiri traveling kamu dan sertakan pula copy rekening tabungan yang menunjukkan bahwa kamu punya dana yang cukup utk liburan kamu. Kalau kamu tetap ingin menggunakan sponsor dalam arti dia yang akan membiayai perjalanan kamu, biaya hidup selama kamu liburan dan akan menyediakan tempat tinggal selama kamu di sana, maka dia harus bisa menunjukkan kalau dia punya dana/uang yang cukup sebagai sponsor kamu dan bukti dia punya tempat tinggal di UK. Tidak perlu menunjukkan banyak foto, yang penting kamu bisa menjelaskan hubungan kamu dengan sponsor dan alasan kenapa dia mau mensponsori kamu. Hope that helps. Good luck utk visanya.

  17. Halo mba aku sudah bolak – balik urus visa ke Uk , tunangan saya sudah bolak- balik ke indo jadi semua sudah lengkap :) Alhamdulillah saya sekarang saya tinggal tunggu jawaban dari Uk embassy di thailand

  18. Hi mbak sarida, mau nanya lagi nih…waktu mbak holiday ke uk itu berapa lama/bulan? ada teman yang bilang kalau pas isi form jangan diisi lebih dari satu bulan kalau mau liburan ke uk, nanti pasti ditolak dan dikirain gak balik ke indo alias mau nyari kerja disana. visa visit itu khan berlaku 180hari ( 6 bulan ) berarti boleh donk liburan disana lebih dari sebulan mbak.

    • Hello Sofi, aku kemarin liburan cuma 10 hari-an krn memang niat ku hanya ingin liburan di London. Mengenai apa kita bisa stay selama 6 bulan aku kurang tahu pasti karena aku ada kenalan dan dia mengisi form aplikasi nya utk 6 bulan dan dikabulkan.

      • teman mbak emang di form khan ada pilihan kita ingin visa yang berlaku berapa lama, dan disitu kita harus memilih yang 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, 5 tahun dn 10 tahun. nah teman mbak ngisi form aplikasinya khan yang untuk 6 bulan, terus di form ada pertanyaan gini ‘how long do you intend to stay in the UK? teman mbak ngisi berapa bulan ingin stay/liburan di uk…..6 bulankah? kutunggu infonya.

      • Maksud aku di pertanyaan how long do you intend to stay in the UK, itu di isi 6 bulan karena memang setahuku dia tinggal 6 bulan di sana. Btw apa kamu sudah apply visa-nya atau mungkin sudah pernah mendapatkan visa utk ke UK ? Berapa lama rencana mau liburan di sana ?

  19. terima kasih infonya ya….aq sudah coba check di website dan udah baca formnya. aq mau apply visa bulan depan…dan rencana mau tinggal disana selama 3-4 bulanan. sekali lagi trims banyak ya infonya.

  20. Hi Mba Sarida,

    Akhirnya pengajuan visa saya yang kedua kalinya (re – apply 5 hari setelah penolakan) di approved. Untuk proses visa yang ke – 2 hanya memakan waktu 1 minggu saja. Saya melengkapi dokumen plus No. 13 dan 14 seperti Mba Sarida (Photo dan Statement letter) untuk mengklarifikasi refusal letter saya.
    Oya, saya ingin bertanya, pada saat kita departure dari Jakarta ke London, apakah wajib memiliki return tiket? Karena saya masih bingung pada saat balik dari UK akan ke Turki dahulu atau langsung ke Indonesia. Rencananya saya akan membeli tiket pada saat saya sudah berada di UK. Tapi kalau wajib memiliki return tiket, ya mau gamau harus issued sebelum berangkat 😔

    • Hello Mira, syukurlah visa-nya sudah diapprove. Setahu saya tidak ada keharusan untuk memiliki return ticket hanya saja untuk berjaga-2 kalau ditanya petugas imigrasi di bandara Heatrow lebih baik bisa menunjukkan return ticket. Pengalaman saya kemarin sih tidak ditanyain return ticket, dia hanya tanya tujuan saya ke Inggris dan apakah saya sudah pernah bertemu dengan sponsor saya sebelumnya. Mungkin jawaban saya sangat meyakinkan jadi tidak ditanya-2 lagi. Tapi terserah kamu saja ya, mungkin nanti kamu juga bisa explain kalau kamu mau lanjut ke Turki atau akan membeli ticket setelah di Inggris.

  21. Salam kenal mbak Sarida,
    Terus terang, ke Inggris ini adalah perjalanan pertama saya ke negara yang memerlukan visa. Saya (bekerja di suatu NGO asing) sudah mengajukan aplikasi visa dan tinggal menunggu kabar kurang lebih 2 minggu lagi. Saya sebenarnya agak ragu mengingat saya solo traveler dan tidak memiliki kenalan di sana. Anak dan suami pun tidak ikut dalam rencana perjalanan ini. Tujuan saya benar-benar ingin mengunjungi dan menikmati negara impian saya sejak dulu. Saya merasa semakin pesimis ketika membaca suatu tanya jawab di internet “Kalau anda berkunjung ke Inggris tidak melalui tour, anda harus punya referensi (sponsor) dari warga negara Inggris atau dapat undangan dari pemerintah Inggris. Tanpa ini anda tidak bakalan dapat visa kecuali anda orang beken di negeri ini”. Bagaimana menurut Mbak Sarida? Terima kasih.

    • Hello sorry baru bisa reply. Apakah sdh ada kabar utk visa-nya ? Menurut saya walaupun tidak ada sponsor tetap ada kemungkinan untuk diapprove, yg jelas kita bisa menunjukkan ke UKBA bahwa kita mempunyai dana yang cukup untuk membiayai perjalanan kita. Selain itu bila anda sudah berkeluarga kemungkinan juga bisa diapprove krn berarti anda tidak berniat stay atau bekerja di sana krn ada tanggungan keluarga di sini. Yang jelas kita harus bisa menunjukkan kalau kita bakalan kembali ke Indonesia/tidak akan stay secara ilegal di sana.

  22. Salam kenal Mbak Sarida, Saya berencana ke UK namun melalui belanda menggunakan Garuda, lalu connect dengan KLM ke London, jadi saya harus mengurus visa Schengen terlebih dahulu, namun saya ternyata dapat appointment baru bisa mengurus visa Schengen Kamis, 12 September ini.. sehingga saya setidaknya baru bisa mengurus visa UK pada tanggal 16 September pada hari seninnya(saya khawatir jika mengurus visa UK dulu passpor saya belum keluar sebelum 12 September), saya berangkat tanggal 28 oktober.. apakah terlalu mepet? pengalaman Mbak waktu itu bikin Appointment di kalendernya penuh atau tidak? Apakah jika berencana mengajukan 16 September nanti, dapat membuat Appointment dari sekarang?

    Terima Kasih

    • Hello maaf jawabnya telat. Pengalaman saya waktu bikin appoinment online kemarin, hanya dikasih 2 option pilihan hari. Sepertinya memang sudah ditentukan by system kapan kita kita harus datang. Utk proses aplikasi visa memakan waktu kurang lebih 1 bulanan, tapi tergantung juga. Ada yg 3 hari sudah diapprove visanya, jadi kalau terlalu mepet mungkin anda bisa spare waktu 1 bulanan.

    • Utk surat sponsor tidak dikirim via email, harus asli dari si pengundang, jadi tidak perlu cc ke embassy. Minta saja sponsor anda mengirim via post atau DHL.

  23. Buat teman-teman yang sudah diapproved visanya..kalau sempat ketemuan di UK yuks..:)

    Buat Mba Sarida, maap yah jadi bikin iklan di blognya :)

  24. Mbak saya mo Tanya,,,,utk visa UK Ada pengecualian gak ttg disability person…..maksudnya gini, pcr saya kan digolongkan disability oleh UK gov….so dia blg klw saya traveling ke UK prosedure nya gk akan dipersulit….Bener gk ya mbak

  25. Mbak Sarida, email nya apa, mau tanya ttg UK visa nih, sekalian curhat aku juga dah 2 kali di tolak visa aussie, mau coba apply UK aja :) kayak Mbak.

  26. Hi, mbak Sarida, thanks banget buat infonya.
    Aku mau tanya sedikit nih..
    Aku mau main ke Inggris, sekalian di sana ada paman aku jadi tinggal makan segala ngga pusing. Tapi kerjaan aku freelancer, surat keterangan kerjanya gimana ya, mbak? Apa aku tulis aja freelancer, tapi buktiinnya gimana gitu… bingung aku…x_x Tabungan aku juga ngga gede, cuma segala-gala kan ditanggung paman aku, kira-kira peluangnya gimana ya… Mohon pencerahannya.
    Terima kasih :)

    • Hello, freelancer-nya sebagai apa ya ? Mungkin anda lebih tahu apa bisa dijadikan bukti kalau anda punya pekerjaan dan penghasilan di Indonesia. Misalnya saja sebagai freelancer anda memperoleh pembayaran dari client, anda mungkin bisa menunjukkan bukti transfer pembayaran dari client anda, sekedar contoh saja dari saya. Kalau untuk peluang terus terang saya kurang tahu, yang paling anda bisa menunjukkan bukti-2 bahwa anda benar-2 kenal dengan sponsor (foto-2 keluarga atau mungkin kartu keluarga), sponsor dari segi financial memang mampu untuk menanggung anda selama di UK dan yang paling penting anda bisa meyakinkan bahwa anda anda kembali ke Indonesia setelah liburan anda berakhir.

      • general visa, mbak.
        aku dan 2 orang teman dapat undangan dari teman kerja kami utk ke UK bulan maret/april tahun depan.
        sebaiknya urus bulan apa ya? takutnya gak di approve :(

        ini email saya welly_o81@yahoo.com
        sharing via email aja..

        thanks, mbak

      • Untuk apply visa sebaiknya sekitar 1 atau 2 bulan dari tanggal keberangkatan. Tidak perlu takut kalau tujuan kamu memang untuk holiday ke sana. OK, saya email kamu nanti.

  27. halo Mba, saya ke UK Sept 15th sampai January, oya mau nanya apakah kalo saya sudah di UK (visa turis) bisa apply schengen dari UK ya??

    • Hello, sorry saya kurang tahu kita bisa apply Visa Schengen atau tidak dari UK kalau kita memakai visa turis. Menurut saya lebih baik kamu apply Schengen sewaktu masih di Indonesia saja, karena setiap kita apply visa kalau tidak salah ada pertanyaan kenapa kita tidak apply di negara trmpat kita tinggal, selain itu tinggal di UK dengan visa turis digunakan untuk apply visa negara lain agak beresiko, sorry just my opinion.

  28. Hi Mba Sarida, Salam kenal ya.
    Saya Sistha, tinggal dan Kerja di Jakarta juga. Terima kasih untuk tulisan nya, sangat membantu dan kebetulan Saya sedang menunggu kabar dr VFS UK sambil Harap-harap Cemas krn sudah 2 minggu stelah saya mengajukan aplikasi pd tgl 16 Augustus 2013 untuk tourist visa single entry. Kalau boleh, mau sharing sm Mba Sarida via whatsapp atau Facebook atau email jika berkenan :)

  29. Hello… mba sarida saya kewarga negaraan Portugal tinggal di London udah 4 tahun dan saya mau melamar visa spouse buat istri saya WNI baiknya disini atau di indo ja.. ini email saya horu86@gmail.com. thanks…

  30. halo mbak, mau tanya saya tgl 26/8 tes biometrik di Bali dengan teman saya. hari ini saya dapat email kalau ukba bangkok has made a decision, tapi teman saya belum. itu kenapa ya? apa salah satu dari kami gagal? kira-kira decision semakin cepat apa mempengaruhi hasil? dulu pengalaman mbak sarida waktu granted dan ditolak gmn? tks

    • Hello Ocha, kalau dari pengalaman saya sewaktu ditolak saya menunggu sekitar 1 bulan, sedangkan yg diapprove sekitar 3 minggu. Tapi UKBA melihat aplikasi kita case by case sepertinya, jadi bisa jadi menunggu lama tapi akhirnya diapprove juga.

  31. hello sarida..saya jg berencana mau urus visa mau ke Uk, kebetulan suami saya warga inggris jg dan sudah di karuniai 2 anak laki2…, saya jd deg deg an mba takut di tolak visanya..soalnya pertama kali..^_^ oya kirim Fb”y Dong mba ke e-mailku

    • Hello Yanti, tidak perlu takut kalau memang aplikasinya lengkap dan mendukung pasti diapprove, kalau memang ditolak ya anggap saja resiko :) Tapi semoga saja aplikasi kamu tidak ada masalah. Good luck untuk visa nya.

  32. Hallo mba sarida, aku mau tnya donk, aku mahasiswi baru lulus tahun ini, pcar aku orang inggris, dia mau sponsorin aku dtg kesana, kan td mba jelaskan harus ada surat kantor dan segala macamnya, kalu aku blum kerja gmn yah mba? dan berapa uang yg harus ada di acc bank aku?biar visa aku di approve? ini pertama kalinya aku apply visa ke luar negri, trims

    • Hello Hana, kalau memang kamu tidak ada surat kantor dan segala macamnya karena kamu belum bekerja, ya tidak perlu dilampirkan. Intinya UKBA ingin mengetahui apakah kamu akan balik setelah liburan kamu selesai dan tidak stay secara ilegal di sana. Untuk account di bank, saya tidak tahu pasti karena UKBA tidak pernah menulis secara pasti untuk ini. Good luck untuk visanya.

  33. Hallo Mba Sarida aku mau tanya, untuk akta nikah dan akta lahir, KK gak harus di translate ke bahasa Indonesia kan? oh ya mba, kalo aku semua biaya ditanggung sama temen yang di UK, aku tetep harus melampirkan bank statement gak? atau kalau tetep harus dilampirkan boleh, gak bank statement orangtua ku atau keluarga ku? tapi status ku sudah menikah, karena aku baru buat bank accoun 3 bulan yang lalu, dan bank mau kasih bank reference kalau nasabah nya sudah 1 tahun menjadi nasabah bank tsb. trims

    • Hello, utk akta lahir, KK, akta nikah, tidak perlu ditranslate ke Bahasa Inggris kalau hanya mau apply turis visit visa. Utk bank walaupun disponsori tetap harus menyertakan bank reference dan rekening koran 6 bulan terakhir.

  34. oh ya mba sarida. maaf sama mau tanya lagi kalau saya sebagai freelancer, tapi kemarin saya sudah buat surat keterangan usaha, apa dilampirkan harus di translate ke inggris atau apa adanya aja? krn sy belum sempat buat cv, siup dan tdp, krn pekerjaan saya pindah2 tempat. trims.

  35. Hello mbk Sarida,salam kenal
    tgl 14 agustus kemaren apply visa aku di tolak,untuk apply lagi ada surat2 khusus untuk ditambahkan ga mbak,atau berkas2 yg kemaren aja….?
    thx :)

    • Hello Ririn, salam kenal juga. Saat kamu ditolak pasti ada surat penolakan yang menerangkan alasan kenapa kamu ditolak. Mungkin dari surat itu kamu bisa tahu apa saja yang harus kamu sertakan saat re-apply. Btw kamua apply visanya apakah menggunakan sponsor atau biaya sendiri ?

      • maksih mbk atas respon nya :)
        suami yg sponsorin mbk,,krn visa holiday kemaren d tolak bisakah saya apply lg tp untuk spouse visa….? klo bs berkas apa aja yg hrs dilampirkan…? tlg d share ke email saya ya mbk,,ini email saya rinmulvey@gmail.com
        makasi bnyk atas bantuannya mbk Sarida.

  36. Salam kenal mba Sarida, saya berencana apply visa UK minggu depan untuk keberangkatan awal Desember, sempat tidak ya kalau dilihat dr jangka waktunya? Saya jg berencana pergi dgn Ibu saya dan keponakan saya yg masih berumur 3 tahun, krn kebetulan mau mengunjungi kedua orgtuanya yg sdg sekolah disana, tp saya khawatir akan ditolak visanya karena saya, ibu saya dan keponakan saya akan apply visa turis. apa tidak dicurigai bhw keponakan saya akan tinggal seterusnya di london dan tidak kembali ya mba? saya juga pernah punya pengalaman ditolak pada tahun 2010, tapi pernah approve juga sekali tahun lalu, kemudian ditolak lagi tahun lalu pada bulan agustus, jadi total 2x saya ditolak. tetapi kebetulan setelah itu sudah ada cap2 visa lainnya, apakah bisa jadi bahan pertimbangan untuk di approve visa UK selanjutnya, dgn adanya track record perjalanan yg baru stlh penolakan terakhir?
    mohon sarannya ya mba, terimakasih banyak sebelumnya.

    • Hello Melisa, salam kenal juga. Lama pemrosesan general visitor visa -/+ 3 minggu. Jadi kalau kamu mau pergi awal December dan mengurus di bulan October, aku kira masih cukup waktunya.
      Btw boleh tahu alasannya kenapa kamu ditolak padahal sudah pernah mendapatkan UK visa. Bulan September kemarin saya baru saja apply general visitor visa lagi dan Alhamdulillah di approve lagi. Setahu saya bila sudah pernah mendapatkan UK Visa dan apply berikutnya kemungkinan juga di approve lagi (asal tidak ada bad record dari perjalanan kamu sebelumnya misalnya over stay). Dan yang paling penting kamu bisa menunjukkan kalau kamu beserta ibu dan keponakan kamu akan kembali setelah kunjungan selesai. Utk kamu mungkin bisa menyertakan surat keterangan kerja dari kantor. Untuk keponakan kamu, apakah dia tinggal dengan ibu mu ? Untuk anak yang akan mengunjungi ortu nya kemungkinan lebih mudah, kalau kamu khawatir kalau dia akan ditolak, mungkin kamu bisa menulis statement letter yang menerangkan kalau dia tinggal dengan ibumu di Indo dan akan kembali ke Indo setelah kunjungan kamu dan ibu mu berakhir. Good luck utk visa kalian.

  37. Mbak Sarida,
    Akta lahir saya hilang, apakah ada penggantinya untuk pengurusan visa UK.
    Saya akan menemani 2 keponakan yang akan mengunjungi adiknya yang kuliah di birmingham. Bagaimana dengan sponsornya mbak? suami saya akan mensponsori saya dan memberikan bank statementnya. bagaimana dengan 2 keponakan saya itu? berarti harus ada sponsor dari orangtuanya berikut bank statement orang tuanya ya. Kedua kponakan saya sudah bekerja dan yg satu sudah menikah. Saya berkali2 bikin appointment online tapi sulit sekali masuknya. Ada ide mbak? Makasih ya…

    • Hello, sorry telat jawabnya. Apakah sudah bisa bikin online appointment nya ? Utk akte lahir, setahu saya tidak ada juga tidak apa2, mungkin bisa menyertakan kartu keluarga. Sponsor berarti pihak yang akan membiayai perjalanan kita ke UK. Utk 2 keponakan anda, bukankah satunya juga sudah menikah, mungkin suaminya bisa juga yang menjadi sponsor dia ? Mungkin adik nya yang sedang kuliah di UK bisa juga menjadi sponsornya.

  38. mbak mau tanya lagi, untuk tiket pesawat harus booked pulang – pergi ? dengan begitu pihak vfs akan percaya kalau kita akan pasti pulang ke indo. atau jangan booked dulu? kan kalau ditolak kan mubazir uang tiketnya. terima kasih mbak

    • Hello sorry telat jawabnya. Book ticket bukan berarti sudah dibeli ticket nya. Kalau kamu ke travel agent dan minta di bantu utk itinerary book ticket untuk apply visa, mereka biasanya bisa bantu. Booking ticket berarti masih berupa rencana perjalanan kamu saja, kalau sudah kamu issued berarti ticket itu sudah kamu beli. Btw pihak UKBA juga tidak menyarankan utk beli ticket, hanya booking/itinerary rencana perjalanan saja.

      • saya rencana mau pergi sendiri sih mbak, ga pake travel agent. kebetulan pihak sponsor sudah kirim document2 yang diperlukan. rencana di sana mau 2 – 3 mingguan. apa mungkin perpanjang stay kalau kita sudah sampe sana ? btw mbak untuk registrasi online, bisa dilakukan sabtu minggu tidak ya ? maaf banyak tanya. terima kasih

      • Hello, perpanjangan stay bagaimana maksudnya ? Turis visa yang kita dapatkan utk 6 bulan, kalau ingin tinggal lebih lama mesti pulang dan mengurus visa lagi. Utk aplikasi online sabtu minggu bisa dilakukan.

      • cara booking tiket gimana ya caranya? di online tiket disuruh bayar langsung. aku takut kalau klik bayar nanti langsung motong saldo rekening. mohon bantuannya

      • Hello, untuk book ticket mending kamu minta ke travel/tour agent saja. Bilang saja kalau minta book ticket untuk buat visa, biasanya mereka sudah tahu.

  39. Hallo mbak Sarida. Saya mau tanya, kalo misalnya nggak sedang belajar dan juga bkn pekerja kantor gimana ya? Pokoknya nggak bisa dapet surat keterangan bekerja/referensi resmi gitu. Apa ada cara agar tetap bisa dapet visa meskipun nggak ada surat seperti itu? Atau ada alternatif lain? Trus kalo saldo di bank jumlahnya nggak boleh mendadak nambah ya? Thanks

    • Hello, intinya pihak UKBA hanya ingin bukti kalau kamu pasti balik setelah liburan kamu di sana berakhir. Apa kamu wiraswasta atau freelancer ? Setidaknya kamu punya pekerjaan kan, kecuali kamu tidak punya pekerjaan sama sekali ya kemungkinan bakalan susah, karena mereka pasti suspect kamu ke sana utk cari kerja. Setahu aku utk nominal di rekening tidak boleh mendadak ada, pasti mereka bakalan suspect kenapa tiba2 ada uang begitu banyak di rekening kamu saat apply visa.

  40. hi mb sarida slm kenal..sy mau tanya sy kan pernah apply visa ke uk thn 2010 tpi di tolak waktu itu sy msh pacaran, nah tahun ini saya mau ke uk tapi skrang posisi sy sudah menikah dengan pacar sy,my husban british citizen,,nah aku kan sdh nikah ,nanti aku mau bikin (general visitor visa) apakh akan ngaruh nanti nya?terus yg mb bilang klu ada record ga bagus di paspor misalnay over stay kyk gituh katanya mempengaruhin,sy pernah jalan2 bangkok thailand terlalu asik di pulau nya eh lebih 2 hri ternya kena denda 1000 bath thailand dan di paspor sy ada deh over stay 2 hri:( so itu apakah bepengaruh mb???terus mb pas lg apply visa menurut mb bagus nya lewat agen or buat sendiri????sy aga trauma mb cape banget dan pusing dengan pertanya an nya,,coba klu mb sarida dekat aku minta tolong gituh:) terus kira2 brapa iya minimal uwang yg ada di bang sy dan suami sy,,mb sarida mksih sbelum nya dan mudah mudah han cepat di balas

    • Hello siska, utk apply aku prefer apply sendiri karena kita lebih tahu akan apa yang harus kita isi, apalagi kalau sudah pernah ditolak. Utk berapa nilai uang di bank, aku juga kurang tahu, karena UKBA tidak pernah memberi tahu amount uang yg harus kita punya, yang penting suami/sponsor kamu untuk mencover biaya kamu di sana. Btw, kalo sudah nikah knp kamu gak apply spouse visa saja ? Trus alasan kamu ditolak waktu itu kenapa ? Utk yg kamu pernah overstay, aku kurang tahu juga apakah akan berpengaruh ke aplikasi kamu, karena kamu overstay nya kan bukan di UK. Kamu coba apply lagi saja. Good luck.

  41. dear mba sarida aku irma,, pacar aku juga kerja di london ternyata mengurus visa kesana sangat sulit bangeddd yaa,,, aku baru mau ketemu pacar dibulan januari ini dia maen ke indonesia,, tapi buat aku kesana gak menutup kemungkinan yaa,, tapi ribet bangedd untuk apply visa itu,,

    • Hello Irma, mendapatkan UK visa bisa dibilang beruntung2an :) kadang aplikasi kita sudah memenuhi semua persyaratan masih juga di-reject. Ribet pasti, karena kita mesti ngumpulin banyak document, but don’t be afraid, kalau pacar kamu mau mensponsori kamu utk visit ke London, coba saja apply siapa tahu diapprove visa nya.

  42. hello mba Sarida aq lia,,mau nanya pendapatnya ni,,aku baru menikah minggu lalu dengan irish di sini/ indonesia,dia tinggal and kerja di london sudah 15 year,ceritanya aq mau pindah and ngajuin visa stay di uk,kira2 syaratnya apa ya mba ?mengingat ini pertama saya mengajukan visa stay di uk.
    buat teman2,mungkin ada yang mau kasih info ?
    thanks buat infonya :)

    • Hello Lia, salam kenal juga. Mungkin kamu bisa apply spouse visa, lebih lengkap kamu bisa baca di website nya UKBA. http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/sitecontent/newsarticles/2013/october/01-october-rules
      Aku kurang tahu pasti utk syarat apply UK spouse visa, mungkin hampir sama dengan syarat general visa tapi kamu sertakan juga marriage certificate kamu. Btw aku ada kenalan yang juga menikah dengan Irish dan tinggal di London. Kalau kamu ada email atau facebook, mungkin kamu bisa kenalan dengan dia.

      • Heloo mbak Sarida..apa kabar. Aku Heny,aku skrng posisi di Portugal mau apply visa Uk ikut Pacar bln ini. Aku dpt visa schengen 3 bln.Pacarku orang UkK dia yg sponsorin semuanya. Masalahnya aku takut di tolak. Soalnya aku pernah appy di tolak sekali di jakarta.Pertanyaanya apa bisa aku appy visa UK dari Portugal. Thanks infonya

    • Hallo elia salam kenal. Untuk mengajukan UK spouse visa
      ( setlement ). Lebih baik menggunakan jasa solicitor di UK agar lebih meyakinkan pihak UKBA. Semoga bermanfaat.
      Untuk dokumen yg di perlukan bisa di lihat coment saya kepada saudara fitri di atas.
      Budi. From Middlesbrough UK….

      • Salam kenal mas budi…fb nya yg mana y?ada banya nama budi cahyono d fb…
        mei kmrn alhamdulillah kami bs dpt visa general visitor utk look n see trip..
        rencana jan 2015 kami mw brkt ikut suami yg dpt assignment k uk,mw nanya2 ttg visa nya mas
        atau mas bs add fb saya addiniawati heryawwn
        makasih byk bantuannya mas

  43. Halo mbak sesama LDR ehehe, aku mau tanya soal kasus aku. Pacar aku kuliah di London dan visa dia Tier 4 General. Dia yg cuma student MBA disana bs ga ya jadi sponsor aku mbak? Aku jd kaget biaya mbak bikin visa 1jutaan ya. Pacar aku 5 juta jadi aku kaget bgt. Oh iya sblmnya jg aku udah pernah bikin visa japan mbak, tp wktu itu diurus travel. Thanks before ya mbak, ditunggu reply nya.

    • Hello Gaby, sepertinya pacar kamu bisa sponsorin kamu utk visit ke UK. Visa ku kemarin type nya General Visitor visa, berbeda dengan Visa Student pacar kamu. Biaya untuk Visa student memang lebih mahal. Kalau kamu mau visit pacar kamu, kamu mungkin bisa apply untuk General Visitor Visa.

      • hallo mba sarida, mau donk add fb nya mau nanya ttg visa uk.
        aku mau liburan ke uk sembari course buat study jadi ak mau apply general visa dulu. tapi ak berangkat sendirian nanti bulan desember dan ga ada sponsor di uk jadi cuma pake sponsor orang tua aja. kira2 gmana tuh mba, klo ada rekening korang orang tua dan surat sponsor pernyataan dari ortu uda cukup blm mba?

      • Hello Monika, kalau untuk course mungkin sebaiknya kamu apply Student Visa, tapi kalau hanya untuk liburan kamu bisa apply General Visitor Visa. Kalau orang tuamu yang menjadi sponsor, kamu harus menyertakan rekening koran ortu kamu dan surat yang menyatakan kalau mereka yang mensponsori kamu.

      • Halo mbak Sarida, makasi balasannya. Mbak aku blh minta contoh2 surat yang harus dibikin ga mbak? Seperti surat undangan dr sponsor dll itu. Boleh di email ya mbak. Terima kasih sebelumnya.

      • Mbak tlg email contoh2 surat dong mbak. Kaya personal statement, surat undangan dr sponsor, dll. Surat undangan dr sponsor dia ttd disana dan di fax atau scan bs ga mbak? Thanks sblmnya

      • Surat undangan aku kemarin sudah aku pakai utk apply karena aku pakai asli dikirim langsung dari sana, tapi ada teman yang hanya dikirim via email juga tidak apa-2 untuk invitation letternya. Surat undangan hanya berisi pernyataan kalau sponsor ingin mengundang kamu untuk berapa lama dan menyatakan kalau dia akan menanggung semua kebutuhan kamu selama di sana. Untuk personal statement dan kamu bisa menulis sendiri bisa kamu rasa perlu. Kalau tidak perlu tidak pakai juga tidak apa-2.

  44. mbak Sarida, luar biasa posting annya sangat membantu. sy Enny hr jumat ini dijadwalkan akan interview di VFS UK. sy mengurus sendiri aplikasi visa nya. dgn pengalaman sudh pernah memgurus visa schengen, sy pkr Visa UK pun akan sama, dan pula benar kita irit 400rb an jk tanpa jasa travel. hr minggu kmrn sy baru isi online applicationnya dan baru tau kalau ada syarat diminta terjemahan inggris utk docs yg tdk dlm inggris. sy sempat kalang kabut mau tanya ke siapa sdgkan wktnya sudah mepet, sy browsing di google cari pengalaman org2 dan ktm postingan ini yg termsk paling baru, krn mbak Sarida sndr baru apply visa lg bln Sept kmrn kan. so,posting ini yg plg up to date. so,utk docs spt KK, Akte lahir, KTP, Akte nikah tdk perlu terjemahkan jk apply utk general visitor.bgm utk docs spt SiUP, Akte Pendirian, akte kepemilikan tanah/rumah. apakah perlu diterjemahkan? apakah mbak kira2 tahu ttg ini? makasih sblmnya sudh sharing pengalamannya.

    • Hello Enny, betul September kemarin saya baru saja apply lagi dan dikabulkan. Kalau berdasarkan pengalaman saya, tidak ada document yang saya terjemahkan dalam bahasa Inggris, karena saya hanya apply untuk general visitor visa saja. Btw apakah kamu mempunyai usaha sendiri, sehingga kamu juga menyertakan SIUP ? Setahu saya document2 pendukung seperti itu tidak perlu diterjemahkan kalau hanya apply general visitor visa. Good luck untuk visa nya.

      • Terima kasih untuk replynya mbak. sy sudah lega banget gak perlu cari2 tukang penterjemah bersertifikat lg. sy sempat telp slh 1 penterjemah bersertifikat dan biayanya 40rb/lembar…bisa jutaan kalo mau diterjemahkan semua apalagi kl sy ajukan ber2 bersm suami. Ya benar, posisi suami saat ini director, jd utk pss itu sepertinya diminta bukti2nya. jd sy lampirkan SIUP dan NPWP company. sedangkan utk sy sndr, sy disupport sepenuhnya oleh suami. apakah sy perlu melamprkan copy rekening bank suami jg? sedangkan surat ref. bank yg asli hanya 1 lmbar dan sudh dipakai utk lampiran aplikasi suami. makasih buat sharingnya…

      • Sebaiknya copy rekening bank suami perlu dilampirkan karena anda akan pergi dengan suami dan disupport sepenuhnya oleh suami. Good luck untuk visanya.

  45. hello mba sarida
    salam kenal, nama saya Juliet,
    boleh dong mba share informasi lagi ke saya..
    saya rencana mau ke UK next year untuk menemui kekasih saya
    bahkan akan stay very long dan marriage disana
    kira2 visa apa yang cocok saya ajukan untuk keperluan saya itu
    menurut kekasih saya jika ribet dengan urusan visa, agar lebih mudah bagaimana jika pakai visa visitor dulu kesana lalu ketika disana diganti menjadi visa spouse.
    saya sudah info ke kekasih saya jika yang saya pernah baca di UK bounderies bisa dilakukan pengurusan visa disana oleh pihak sponsor, menurut mba Sarida kira2 yang mana yah yg lebih mudah,cepat, dan got approval dan not waste so much money if failure, saya yg urus dri Indo atau kekasih saya yg urus visa buat saya dri UK
    o iya mba, apa ada whatsapp msgr atau skype ? mungkin mba bisa share lgi pengalamannya…skype saya goldie21122
    makasih banyak yah mba atas bantuan dan infonya.

    • Hello Juliet, kalau untuk menikah di sana setahu saya ada 2 type visa yang kamu bisa ajukan, marriage visit visa atau fiancee visa. Genaral visitor visa tidak bisa digunakan untuk menikah di sana. Kalau kamu apply marriage visit visa, kamu bisa menikah di sana dan setelah visa habis kamu harus pulang kembali ke Indonesia dan apply Spouse visa bila ingin tinggal di UK. Kalau kamu apply Fiancee visa, setelah menikah di sana kamu bisa langsung mengurus visa untuk stay di sana. Sebaiknya kamu cari-2 info lagi, mana yang lebih cocok untuk kamu, yang jelas general visitor tidak bisa digunakan untuk menikah di sana dan apply another visa lagi kecuali kamu balik ke Indo. Mengenai pengurusan visa di sana oleh sponsor saya kurang tahu, karena setahu saya visa hanya bisa diurus oleh kita sendiri di Indo. OK, saya akan add skype kamu.

  46. Hallo mbak Sarida. Saya Ainun. Sekarang saya lagi mengurus visa untuk au pair di UK. Biaya pengurusan visanya berapa? Trus berapa lama harus nunggu sampe visa nya keluar? Ini pengalaman pertama saya keluar negeri. Mohon informasi nya :)

  47. hallo mba sarida,
    kenalin aku dian..
    aku mau tanya kan teman aku ada yang bekerja di inggris, trus skr lg cuti ke indoesia, nah kalau sudah selesai cuti ingin balik lagi kerja disana, dokumen apa aja ya mba yang harus diurus ? makasih banyak sebelumnya :)

    • Hello, saya kurang tahu kalau untuk visa kerja di sana. Saya hanya punya pengalaman untuk apply general visitor visa. Btw, bukannya teman kamu hanya cuti saja dari sana, kalau dia cuti berarti sebetulnya sudah punya visa kan untuk kerja di sana ?

  48. Mbak kalo dikirim lewat email gmn? Mksdnya ke email saya kan? Trus di print aja dlm bntuk word atau gmn mbak? Ttdnya ga perlu ya mbak kl lewat email? Makasi mbak maaf byk nanyanya

    • Sponsor kamu tulis saja surat undangan di word, terus di print dan di sign. Setelah itu surat undangannya di scan mail ke kamu, nanti mungkin kamu bisa print color jadi biar terlihat seperti asli.

  49. malam mbak rida. mbak aku dapat email dari vfs di bangkok dan katanya mereka have made a decision. apakah itu berarti mereke menyetujui aplikasi visa saya? atau just a decision ?

    • Hello Aris, itu artinya sudah ada keputusan untuk aplikasi kamu. Untuk diapprove atau tidaknya, baru kamu tahu setelah kamu terima passport kamu. Tunggu saja besok biasanya langsung ada SMS atau email dari VFS kalau aplikasi kamu ready for collection (siap untuk kamu ambil di VFS). Semoga dapat visanya ya.

      • yesssss, dapet paket dari vfs, isinya paspor saya dan dokumen2. di paspor di tempel sticker uk visa hehe. akhirnya dapat juga visa nya. memang butuh perjuangan. terima kasih bantuanya selama ini mbak rida. sungguh sangat membantu. sekali lagi terima kasih

      • masih bulan desember sih, rencana sebulan di sana. jadi persiapan nya jauh2hari dari sekarang. terima kasih ya mbak rida :)

  50. Mb Rida, aku mau tanya mohon maaf ya. aku keterima di http://www.borderconstruction.co.uk Rhymers Mill Easton Warwickshire TD4 6DG, united kingdom. Saya baru sekali ini keterima kerja di eropa. Apa saja yang harus aku persiapan untuk membuat VISA Kerja dan langkah apa yg harus aku jalani terlebih dahulu mb ? mohon informasinya ya.

  51. mba, saya Tika mau tanya klo mau ngurus trus ga ada sponsor masih bisa ga ya? apa memang harus ada sponsor? trus ada rekening back account yg di print juga ya? itu butuh berapa jumlahnya mba?

    makasih infonya :)

    • Hello Tika, mengurus visa tidak harus menggunakan sponsor. Kalau kamu mau mengurus visa turis setidaknya kamu bisa menunjukkan kamu punya dana yang lebih dari cukup di rekening tabungan utk mengcover semua biaya traveling kamu. Utk apply visa disponsori atau tidak disponsori tetap harus menunjukkan rekening bank kita. Utk besarnya account di rekening saya kurang tahu karena UKBA tidak pernah memberitahukan angka pastinya.

  52. hallo mba sarida.. saya punya pengalaman visa di tolak sekali. dan rencananya mau apply lg bulan Desember ini, tp byk yg mau di tanya… pusing.. :( boleh minta alamat email mba or facebook ? tx

  53. Hello fitri untuk info lebih lengkapnya tentang UK spouse visa dan utk 2 tahun nya kedepan utk aplikasi ILR visa bisa contact saya melalui FB : budi cahyono2006.
    Semoga bisa bermanfaat.
    Terima kasih mbak sarida. Semoga blognya sukses selalu….

    • Salam,,, Mr. Budi
      Terima kasih bgt atas saran2nya,,mudah2an ga sampai nunggu 2 thn ya visanya,kemarin suami sempet ngomong kondisi terburuk nunggu mpe 2 thn langsung aja saya marah2 ga jelas dan hopeless,dan aq blg hanya 2,5 thn utk test life in uk,,ga perlu nunggu 2 thn utk visa
      ,tp pas mas budi sharing nulis 2thn dtgnya visa,,yaa tarik napas dalam2 sabar ,smile dan tetep semangat ( maafkan aq suamiku love,peace dan gaul yaaa,, hehehe)
      Mas, kok aq ga bs nemu yaa FB mas??coba mas add FB aq dl ya : needfalls@yahoo.com ditunggu ya
      Mohon pencerahannya ya,,,mas
      Thanks atas waktu mas udh sharing di blog mba Sarida yg baik..thanks jg ,,mba
      mudah2an mba jg nyusul ya apply visa spouse :)

      • akhirnya visa ditolak ,mba .. ceritanya mereka tidak yakin akan pernikahanku dan foto2 yang dikirimkan masih kurang menyakinkan..hikz
        gmna mba ,,,udah hopeless duluan bila ajukan appeal
        mr.budi pleasee replay mail,, i need your advice,

        salam,,
        fitri

      • Hello Fitri, sorry to hear about your visa refusal. Saya belum ada pengalaman untuk spouse visa, maaf tidak bisa membantu. Mungkin sesuai saran Budi bisa pakai jasa solicitor. Don’t give up, good luck untuk visa selanjutnya.

      • Halo fitri saya turut prihatin dengan aplikasi kamu. Saya hanya bisa menyarankan apa bila segala sesuatunya telah memenuhi prosedur peraturan imigrasi UK dan aplikasi kamu masih di refuse, ada baiknya menggunakan jasa solicitor dan me minta nasehat sebelum melakukan appeal. Mungkin solicitor saya bisa membantu :
        DAVID GRAY
        New Castle Office
        Old Country Court
        56 Westgate Road
        New Castle Upon Tyne
        NE15XU
        Phone : 0191 232 9547

  54. Sekedar informasi mbak sarida .bagi yg ingin mengajukan UK visitor visa utk yg ketiga kalinya. Ada baik nya tidak memberikan pernyataan yang tidak benar ( pernyataan bohong ) kepada pihak UKBA. Karena anda bisa di kenakan pasal imigrasi UKBA paragraph 320 7B.
    Di mana anda tidak akan bisa mengajukan visitor visa selama kurang lebih 5 tahun kedepan ( any further aplication will be automaticly rejected ).

    • Note : apa bila anda telah pernah mendapatkan penolakan UK visitor visa sebanyak 2 X.dan berencana mengajukan visa visitor yang ke 3 X nya. Di harapkantidak memberikan pernyataan palsu kepada pihak UKBA. Di karenakan anda akan terancam di kenakan pasal paragraf imigrasi UKBA 320 7B. dimana selama kurang lebih 5 tahun anda tidak akan bisa mengajukan visa viaitor. ( any further aplication will be automaticly rejected ).
      Semoga bermanfaat..

  55. Hallo semua. Sekedar berbagi informasi tentang AIRPORT di UK. bagi pemegang Visa visitor yg hendak berlibur ke UK. ada baiknya melalui New Castle airport /NCL
    Mengapa ? Di karenakan imigrasi di New Castle airport terkenal tidak begitu ketat di bandingkan dengan HEATROW . Terkadang setelah sampai di london kadang pihak imigrasi masih harus menginterview kembali terhadap pemegang visitor visa. Jadi saya sarankan bagi yg telah mendapatkan visa visitor usahakan tujuan pertama ke New Castle. Setelah itu gunakan kereta api ke london . Perjalanan sekitar kurang lebih 4 jam. Semoga bermanfaat….

    • Hello Budi, saya selalu lewat Heathrow karena memang tujuan utama di London, Alhamdullilah tidak ada masalah. Sekedar info, yg penting kita selalu memberikan jawaban yang jujur tiap di interview. Interview biasanya tujuan kita datang ke UK, dimana kita akan tinggal selama di UK, berapa lama kita akan stay di UK dan apa pekerjaan kita.

  56. Informasi untuk pemegang UK spouse visa yang ingin mengajukan permanent residence visa ( UK ILR VISA ) :
    – syarat pertama sama seperti pada saat anda mengajukan Spouse Visa.
    – Tidak boleh keluar dari negara UK lebih dari 90 hari.
    – melampirkan certificate kelulusan English Speaking & Listening level B1.
    ( level A1 tidak bisa di gunakan ) biaya £150.
    – melampirkan certificate kelulusan Life in the UK test. Biaya £50.
    – pendapatan keluarga mininum £24.000
    Pertahun.
    NB: ada baiknya menggunakan jasa Solicitor.
    Semoga bermanfaat.

      • Info salah satu berkas yg wajib di lampirkan utk apply spouse visa .
        Kontrak kerja pasangan anda di UK ( minimum sudah mempunyai pekerjaan di UK selama 3 bulan / memiliki tabungan yg cukup utk mensupport anda ). Artinya pasangan anda harus berada di UK sebelum anda apply UK spouse visa. ( ada baik nya pasangan anda menemui solicitor di UK . jika salah satu persyaratan ini tidak di lampirkan pengajuan visa anda akan di tolak oleh pihak UKBA.

  57. Halo mbak Sarida,

    saya berencana untuk pergi ke UK, tapi agak takut juga karena dengar banyak yang sering ditolak untuk visanya.
    Di blog mbak Sarida me mention kalau UKBA slalu mencantumkan alasan penolakannya, kalau boleh tau 2x ditolaknya karena apa ya mbak?

    mohon informasinya

    Thanks :)

  58. halo mbak.
    aku berencana untuk pergi ke london. baca dari blog mbak diatas kalau ditolak slalu disebutkan alasannya. kalau boleh tau waktu itu ditolaknya karena apa ya mbak? supaya aku bisa menghindarinya sebelumnya
    terimakasih

    • Hello, sorry telat jawabnya. Alasan yg pertama ditolak krn mereka curiga saya tidak balik ke Indo setelah liburan, yg kedua salah satunya karena sponsor saya belum pernah datang ke Indo. Visa UK memang untung2an, kadang walaupun syarat sudah lengkap masih saja ditolak. Tapi untunglah apply selanjutnya selalu di approve, mungkin karena saya selalu menunjukkan kalau saya selalu pulang setelah liburan berakhir. Good luck untuk visa nya.

      • maaf nanya lagi nih mbak.
        kalau yang dicurigai tidak balik ke indo setelah liburan itu krn apa ya? karena kbtulan anggota kluargaku ada yg blm bekerja. tkutnya itu mempengaruhi pertimbangan mereka juga untuk pemberian visa
        thanks sebelumnya :)

      • Hello Natania, saya juga kurang tahu kenapa, padahal saya sudah menyertakan surat referensi dati tempat saya bekerja lengkap dengan slip gaji. Seperti yang saya bilang, terkadang visa juga untung2an. Tahun ini 2 kali saya apply visa dengan document2 yang sama dan diapprove :) Alhamdulillah.

  59. Mba, saya dan istri saya bulan Juli mau ke UK. Mohon bantuannya atas pertanyaan2 ini:
    1. Adakah syarat minimal jumlah rekening di Bank agar visanya dapat disetujui?
    2. Untuk rekening Bank saya mungkin jumlahnya ya memenuhi syarat (tapi mungkin lo) tapi Istri saya punya rekening di Bank yang jumlahnya ya tak seberapa, apakah pengabulan visa untuk istri saya dapat dikabulkan bila pertimbangannya ngikut rekening saya.
    Terima kasih, silakh

    • Hello, seperti yang sudah saya jawab di reply2 sebelumnya, UKBA tidak pernah menyatakan minimum saldo yang harus dimiliki untuk apply visa. Kalau memang ingin apply turis visa setidaknya bisa diperkirakan biaya selama liburan ke sana dan rekening anda cukup untuk mencover semua biaya perjalanan anda dan istri. Untuk rekening istri setahu saya bisa memakai rekening suami.

  60. hello mbak sarida.. mau nanya nih.. jadi gini nih saya rencana mau ke london rencananya sih mau ngunjungi saudara dan skalian klau bisa bisa netap/tinggal di london sana skligus jga nyari kerjaan. itu cara mengurus visanya gimana ya mbak? thank’s :)

    • Untuk samuel, harus di pastiin dulu ke sananya kunjungan atau kerja. Jadi tidak bisa cari kerja kalau pake visa kunjungan. Terus kalo mau kerja harus pake visa kerja. Untuk persyaratan visa kerja bisa dilihat di situs vfs. Terima kasih

    • Hello, setahu saya visa berkunjung tidak bisa digunakan untuk bekerja di sana. Visa berkunjung hanya untuk berkunjung, cara apply visanya seperti yang sudah saya tulis. Untuk visa bekerja, harus ada perusahaan di Inggris yang mau mensponsori untuk apply visa bekerja.

  61. untuk aris makasih banyak buat infonya. tapi mau nanya lagi nih kalau misalnya ke london, pertama pake visa kunjungan dlu nah kalau untuk bisa tetap tinggal di london harus ngurus visa apa ya? terus mengurusnya di indo/london thanks :)

  62. Mba sarida, boleh add fb-nya dg nama apa ya? saya ingin message nanya seputar travel agent yang mba pakai untuk booking tiket. karena terlalu riskan untuk issued ticket sblm visa disetujui. Please kindly give ur suggestion. thanks

  63. permisi mbak sarida rencana mau berangkat ke UK di bulan April untuk berlibur sekitar dua pekan, saya berangkat sendiri dan liburan saya dibiayai om saya.

    Yang mau saya tanyakan untuk data rekening dan surat referensi bank cukup rekening om saya selaku sponsor atau rekening ane juga?

    O iya tambahan mba, posisi om saya ada di Jakarta dan ga ikut travelling jadi saya di sana akan tinggal di hotel.. terima kasih mbak

  64. @ samuel, setahu saya sih ga bisa switching dari visa kunjungan ke settlement, cara satu2nya cuman ngajuin asylum seeker. Visa kerja dll harus apply dari luar uk, itupun jenis pekerjaannya terbatas hanya yang ada di shortlist, atau emang tenaga ahli kunci.
    Kalau sembunyi2 juga sulit, soalnya ga bakal bisa bikin NIN, jadi cari kerja susah, kecuali kerjaan ilegal

  65. @ fitri, kuncinya buat spousal visa yaitu meyakinkan bahwa hubungan perkawinan sah dan bukan penipuan, mampu membiayai diri sendiri dari pihak sponsor, kalau tanpa anak, minimal penghasilan £ 18.600, dan sponsor ga boleh klaim benefit.

    Buat memperkuat bukti perkawinan dan hubungan, coba dilampirkan foto2 ketika masih pacaran, surat menyurat, sms, telepon dari rekening telepon, email, skype, chat dll. Juga bukti2 acara pernikahan, foto2 kalau perlu kartu undangan sekalian.
    Tambahan surat sakti minimal 2 dari pihak istri dan terutama dari pihak suami di inggris, terutama orang tuanya. Jangan lupa bukti tiket pesawat suami dan tagihan hotel dsb kalau ada ketika berkunjung.

    Surat yang intinya menyatakan bahwa anda telah berpacaran sekian lama dan menikah, dan juga saling menyintai dll. Jangan lupa setiap surat harus ada nama, alamat, dan koresponden berupa no telepon dan email minimal.

    Kalau finansial sih tinggal ngumpulin slip gaji, p60, surat kontrak kerja, bank statement, mortgage / rent payment, pernyataan rumah beserta penghuninya ( jumlah kamar berbanding penghuni ), tagihan listrik, air dan gas, council tax, saving account statement, dll.

    Sisanya persyaratan standar kayak poto, passport, sertifikat test bahasa inggris, akte lahir, lampirin juga ijazah atau sertifikat keterampilan lainnya buat ngeyakinin bahwa anda punya potensi buat bekerja disana.

    Kalaupun appeal, 2 hal diatas aja diperkuat, terutama foto2 dan surat pernyataan. Pemerintah sana paling benci penipuan pernikahan, tapi paling lemah kalau urusannya hak asasi.

    • hi tatang…andai penghasilan dibawah £18.600, tapi tabungan suami banyak gimana? apa mereka menolak atau mereka mempertimbangkanya?

  66. Selamat Siang Mbak Sarida :)
    Saya berencana untuk menikah di Uk tahun depan dengan warga negara UK dan kemudian kembali ke indonesia mengadakan resepsi. Kira kira saya kesana dengan visa turis bisa gak ya? pacar saya bilang kalau urus visa dgn alasan menikah disans pasti akan ribet dan lebih lama. menurut mbak bagaimana ya? Kalau boleh saya kontak mbak lewat email? ini email saya khoirunnisa.annida@gmail.com

    • Hello, kalau kamu mau menikah di Inggris tidak boleh dengan visit visa (turis). Kalau kamu mau menikah kamu bisa apply marriage visit visa. Setahu saya visanya berlaku 6 bulan tapi setelah 6 bulan kamu harus balik ke Indo untuk apply spouse visa kalau mau tinggal di UK. Atau kamu bisa juga apply fiancee visa untuk menikah di sana, cuma mungkin syaratnya banyak sekali. Pernikahan antar negara bagaimanapun akan repot, banyak document yang harus disiapkan. Kalau ribet dan lama itu memang sudah resiko. Lebih baik mengikuti rule yang ada walaupun repot, daripada nantinya kita malah dapat masalah dan di banned masuk ke UK. Good luck utk pernikahannya.

    • Tergantung rencana kedepannya juga mbak. Kalau mau netep di indonesia ya cukup pake marriage visitor visa, nikah di sana trus balik ke indonesia.
      Kalau mau tinggal di inggris nantinya ada dua pilihan. Nikah di indonesia trus apply spousal visa baru pindah atau apply fiancee visa trus pindah ke uk dan kudu nikah sebelum 6 bulan dan urus spousal visa segera setelah menikah.

      Sebenernya ga terlalu susah asal saratnya cukup, kalau belum cukup, mending ditunda sampai cukup persyaratannya.

      • Hi tatang and mbak farida , saya mau tanya saya sudah apply 3 kali general visitor tetap ditolak padahal saya benar2 cuma ingin berkunjung saja disana seminggu , dan saya depresi banget dapet refused ini .. saya takut di ban , jika di ban passport diambil sama ukba atau tidak ? Dan apakah saya tetap bisa berkunjung ke negara lain ? Saya selama ini cuma pernah berkunjung ke singapore dan bkk aja .. sekarang pacar saya di uk berniat menikahi saya , dan rencana akan switch bukan general visitor melainkan fiancee .. apakah bisa .. trimakasih

  67. Hallo mbak sarina, salam kenal..
    Sy ingin menanyakan tentang apply visa ke uk dari mbak tulis disana kan mbak bekerja & ada sponsor. Kalau sy tidak bekerja & hanya ingin jalan2 ke uk bagaimana (honeymoon)? Masalah tiket yg di issued di travel kalau kita beli secara online kan tidak bisa di issued harus sudah terbayar, bagaimana? Sy agak bingung disananya.
    Terima kasih..

    • Hello, kalau memang untuk honeymoon kamu bisa menggunakan suami sebagai sponsor. Sponsor di sini artinya orang yang membiayai perjalanan kamu ke UK dan tidak harus tinggal di UK. Kalau memang tidak bekerja, asalkan kamu bisa menunjukkan kalau kamu pasti kembali setelah liburan, semoga bisa diapprove. Apalagi kalau kamu pergi dengan suami dan bisa menunjukkan tujuan memang untuk honeymoon (bukti book hotel/ticket). UK visit visa lebih mudah untuk orang yang sudah berkeluarga asalkan juga suami kamu bisa menunjukkan memiliki dana yang cukup untuk mencover perjalanan honeymoon kalian. Untuk ticket, disarankan jangan beli dulu. Kamu bisa minta ke travel agent booking flight kamu. Hanya book ticket artinya tidak harus beli di travel. Kalau memang visa sudah dikabulkan, kamu bisa langsung beli online.

  68. hello mba sarida aku mau nanya nih
    aku rencana pengen liburan ke London bulan mei ini tp masalah nya di pasport
    karna aku sudah menikah dengan warga swedia dan nama saya sudah berubah mengikuti nama keluarga suami . saya sudah punya keputusan dari pengadilan tentang perubahan nama , semua document telah dirubah nama kecuali pasport.
    saya ke immigrasi manapun ga bisa di ganti pasportnya karna expired masih berlaku tahun 2016 jd saya harus tunggu. saya dapat nama catatan dr imigrasi di bagian endorsement pasport page 4 . .

    pertanyaan saya
    1. Kalau untuk booking tiket pesawat sesuai nama pasport atau nama baru saya ?
    2. kira2x bulan apa saya harus apply visa UK untuk keberangkatan bulan mei ?

    Thanks A lot
    mba Sarida :)

    • Hello, sorry untuk nama saya kurang tahu harus memakai yang mana. Proses visa waktunya kurang lebih 3 minggu, jadi kalau mau pergi bulan May, sekitar pertengahan Maret atau April mungkin bisa apply visa. Sorry tidak bisa banyak membantu untuk pertanyaannya. Good luck untuk visanya.

    • kalau masalah nama di passport emang gak bisa diganti atau dirubah atau ditambahi nama suami kalau passport expirednya masih lama. jadi imigrasi atau kedutaan indonesia dimana kita tinggal hanya bisa ngasih stempel di passport kita kalau kita udah menikah dengan Mr….endorsement namanya. aku udah nanya di kedubes indo di london. baru kalau passport kita sdh habis masa berlakunya pihak imigrasi bisa menambahi di belakang nama kita dengan nama suami

  69. hi mba sarida info dari mba sanga membantu sayA,, rencana nya spaya mau aply visa tourist ke UK dimana pacar saya bekerja tapi yang jadi pertanyaan saya pacar saya hanya sewa flat kecil apa nanti nya akan di aprrove yaa,, and dia juga bukan wrga negara UK dia hanya bekerja disana sebagai call hair stylist jadi dia gak punya slip gaji jadi kira2 bakal jadi masalah gak ya buat dia karena dia bekerja untuk dirinya sendiri disana,, klo masalah document lain saya sih sudah persiapkan itu,, karena mudah2an persyaratan nya lengkap

    thx mba ats confrm nya

    regards

  70. Hallo mbak senang banget bisa nemu blog ini, begini mbak….saya kenalan sama orang uk sana tinggal di birmingham….saya belum pernah ketemu…tapi kita ceritanya pacaran via internet dan dia minta saya kesana awal april ini.buat ketemu langsung sama dia dan keluarganya.kakaknya Dia jadi sponsor saya..rencananya saya mau apply tourist / general visa.stay disana 7 hari…kira2 apa pendapat mbak soal ini….saya jadi ciut nihh banyak yg ditolak

    • Hello, saya kurang tahu untuk chance kamu mendapatkan visa karena semuanya tergantung dari UKBA apakah aplikasi kamu qualified untuk mendapatkan visa. Btw, kenapa pacar kamu tidak datang saja lebih dulu ke Indonesia sehingga kamu bisa menunjukkan ke UKBA bahwa kamu sudah pernah bertemu dengan dia sebelum kamu ke sana ?

  71. Ohniya mbak sekedar info passpor saya udah tertera kunjungan saya ke eropa, mekah dan singapur n malaysia…kira2 bisa membantu ga yaa….maksih banyak infonya yaaa really need your help

  72. halo mbak mau nanya nih.. aku kan mau apply visa schengen ni. cuman baru nyadar kalo nama di paspor ada beda dikit dengan kk/ktp. di ktp tertulis NORLISTYA FAJAR tp di paspor tercetak NOR LISTYA FAJAR. ketambahan spasi. Kira2 bermasalah nggak ya waktu apply?

    mohon dijawab ya. tks

      • Sebaiknya nama yg digunakan di dokumen resmi sama dengan nama di akte kelahiran. Pd waktu mengajukan visa KTP, paspor asli, KK, akta kelahiran disertakan. Bila ada waktu sebaiknya yg salah segera diperbaiki, mudah2an bukan pasport karena kesahan tersebut bisa dianggap dokumen yg dimiliki lebih dari 1 orang.

  73. Hi mb fitri….
    Saya jg mau donk info ttg apply spouse visa
    Trus mba ahirnya kursua utk ielts dmn n brapa lama?
    Rencana saya agustus ikut suami ke uk

  74. hello mbak Sarida salam kenal saya ami
    saya lagi urus spouse visa uk tgl 2 april kemarin submit my applications di vfs
    saya harus nunggu paling cepat 3 bulan sampe 6 bulan
    mudah2an di approve ya mbak
    ini email saya yahmi.ami_67yahoo.com
    kita bisa sharing informasi
    good luck

  75. .mbak, maksudnya surat referensi dari kerja itu surat yg menyatakan kita masih status karyawan sana atau gimana mbak?
    .maaf nanya2, soalnya aku punya plan mw liburan ke UK setelah kuliahku selesai jadi mau tau pengurusan visa gmn….

  76. Halo mbak sarida, boleh tanya, saya kan juga disponsori pacar, apakah rekening saya harus 50jt? karena menurut travel agent yg akan membantu saya apply visa uk minimal di rekening saya saldonya harus 50jt… Please advise ya tx :)

    • Hello Renee, sorry baru jawab krn akhir2 ini saya repot sekali. Utk rekening tidak harus 50 juta apalagi kalo kamu disponsori, tapi setidaknya tabungan kamu jangan sampai kosong.

  77. hai mbak sarida! oh God, I blessed deh nemu blognya mbk
    mau tanya nih, seandainya saya mau pake visa visitor untuk berkunjung ke rumah teman dengan alasan mau sekalian cari kerja di sana kira2 boleh ga yah? maksudanya, klo visa visitor sudah habis, saya mau balik indo dan ngurus visa work (jika sudah dapat kerjaan) bagaimana mbk menurut anda?

    makasih banyak atas infonya, saya tunggu yah

  78. Mbak sarida bagi2 dong pengalamannya. Mbak klo mau apply fiancee visa apakah certificate english juga dibutuhkan? Mbak boleh minta fb nya gak ? Kirim di email yah mbak. Habisnya bingung banyak yang mau ditanyakan. Makasih banyak mbak.

  79. Boleh kasih info ya Ida…untuk fiancee visa harus punya sertifikat bhs inggris, juga harus punya sertifikat TB ( Tuberculosis )

  80. Mba.. Kalo misal visa visit uk nya ditolak *semoga ngga ditolak* brp lama selang waktunya untuk apply visa lagi? Thank you before :)

    • Masih belum ada kepastian nih mba :( kemaren mba dikasih email dari ukba yg di Thailand ttg visa uk nya ngga mba? Brp kali? Soalnya saya mulai penyerahan berkas tgl 23 Juli kemaren sampai saat ini ngga ada dikasih email satupun :( makasih ya mba

      • Hello, emailnya cuma 1 kali dari Bangkok yang memberitahukan kalau aplikasi kita sudah selesai diproses. Setelah itu satu lagi email dari VFS pemberitahuan kalau document kita sudah bisa diambil. Tunggu saja, biasanya proses normalnya 3 minggu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s